Demam Tinggi pada Anjing (0 komentar)

20 Mei 2011 - 23:12

Disadur oleh Winny Zhang - AnjingKita.Com

Anda mungkin pernah mendengar bahwa anda bisa mengetahui anjing anda terserang demam ataupun tidak dengan meraba hidungnya – hidung yang basah dan dingin merupakan pertanda baik, panas dan kering berarti demam – tetapi sebenarnya hal tersebut tidak semudah itu. Pada kenyataannya demam pada anjing terkadang tidak diketahui atau tidak dapat terdeteksi.

Satu alasan mengapa mendeteksi demam pada anjing lebih sulit, karena suhu tubuh anjing lebih panas ketimbang suhu tubuh manusia.

Apakah Demam pada Anjing?
Suhu tubuh normal seekor anjing berada diantara 38◦C hingga 39.1◦C (101 – 102.5 F), dibandingkan dengan suhu tubuh normal pada manusia yaitu berkisar 36.4◦C hingga 37.5◦C (97.6 – 99.6F). Dalam artiannya anda dapat merasa bahwa anjing anda terserang demam meskipun suhu tubuh anjing anda normal.

Kata “fever” atau demam biasanya digunakan untuk menjelaskan tinggi suhu tubuh dikarenakan oleh infeksi atau radang. Suhu tubuh lebih dari 39.4◦C pada anjing, dapat dinyatakan bahwa anjing tersebut terkena demam.

Ketika anjing memiliki suhu tubuh tinggi yang disebabkan oleh cuaca panas atau olahraga yang berlebihan pada kondisi lembab, kondisi ini disebut sebagai hyperthermia atau heat stroke. Ketika suhu tubuh anjing mencapai 41.1◦C maka komplikasi yang serius dan fatal dapat terjadi.

Gejala Anjing Demam
Meskipun tidak ada tanda-tanda yang pasti, beberapa gejala dapat memprediksikan penyakit dan demam pada anjing, antara lain:

  • Kelesuan
  • Depresi
  • Gemetar
  • Hilangnya nafsu makan
  • Muntah
  • Batuk
  • Keluarnya ingus


Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah anjing anda memiliki suhu tubuh yang meningkat adalah dengan cara mengukur suhu dari dubur anjing anda. Para ahli menganjurkan menggunakan termometer digital yang dibuat khusus untuk anjing. Kebanyakan termometer yang dimasukkan kedalam telinga manusia tidak dapat bekerja dengan baik pada anjing.

Untuk mengukur suhu tubuh anjing anda, pertama, lapisilah termometer dengan cairan pelumas, seperti minyak sayur atau baby oil. Kemudian, masukanlah secara perlahan kedalam dubur anjing anda dan tunggulah hasilnya. Kebanyakan termometer yang dijual untuk mengukur suhu tubuh anjing akan memakan waktu kurang dari 60 detik untuk menunjukkan hasilnya.

Penyebab Demam pada Anjing
Berbagai jenis penyakit dan juga kondisi dapat mengakibatkan anjing anda terserang demam, hal tersebut antara lain:

  • Infeksi. Hal ini dapat diakibatkan oleh berbagai sebab, termasuk bakteri, jamur, dan virus. Infeksi dapat berada dimana saja didalam tubuh, seperti paru-paru (pneumonia), di ginjal (pyelonephritis) atau di otak (encephalitis). Gejala yang dapat anda lihat tergantung dimana infeksi tersebut berasal dan penyebab utamanya. Beberapa jenis infeksi, seperti jamur, dapat mempengaruhi beberapa tempat di tubuh pada waktu yang sama.
  • Vaksinasi. Demam rendah pada 24 hingga 48 jam pertama setelah vaksinasi  merupakan hal yang normal dan merupakan hasil dari interaksi antara vaksin dengan sistem kekebalan tubuh anjing.
  • Racun. Mengkonsumsi zat yang beracun bagi anjing, termasuk kacang macadamia dan obat anti cemas manusia, dapat meningkatkan suhu tubuh anjing.
  • Ada waktu dimana penyebab dari demam pada anjing tidak dapat di jelaskan; hal ini disebut dengan “fever of unknown origin” atau FUO. Hal yang menjadi penyebab dari FUO ini biasanya disebabkan oleh kelainan sistem imun tubuh, masalah sum-sum tulang belakang, infeksi yang tidak terdeteksi dan kanker.


Cara Penanganan dan Dokter Hewan
Jika anjing anda memiliki suhu tubuh lebih dari 39◦4C, anda harus memanggil dokter hewan anda. Anjing dengan demam diatas 41.1◦C merupakan keadaan darurat yang harus ditangani dengan segera.

Jika anjing anda memiliki suhu tubuh diatas 40.5◦C, anda dapat membantu menurunkan suhu tubuhnya dengan cara mengelap bulunya dengan air dingin, terlebih disekitar telinga dan kaki. Menggunakan kipas angin ke bulu yang lembab dapat membantu menurunkan suhu tubuhnya. Pastikan untuk memperhatikan suhu yang diambil dari dubur selama anda melakukan hal-hal diatas, dan hentikan prosedur pendinginan setelah suhu tubuh anjing anda berada pada 39.4◦C.

Jika anjing anda terserang demam, cobalah untuk memberinya air minum sedikit demi sedikit agar cairan didalam tubuhnya tetap terjaga, tetapi jangan memaksa anjing anda untuk minum. Jangan pernah memberikan anjing anda obat manusia untuk menurunkan demam tersebut, seperti acetaminophen atau aspirin karena mereka beracun untuk anjing dan dapat menyebabkan cedera parah atau bahkan kematian.

Disadur dari http://pets.webmd.com/dogs/high-fever-in-dogs?page=2
Sumber foto:  http://qwikstep.eu/search/dogs-fever.html



Seluruh material (artikel/berita teks dan foto) yang terdapat dalam situs AnjingKita.Com (http://www.anjingkita.com) bebas dimanfaatkan oleh individual untuk keperluan referensi dan non-komersial.

Bagi siapa saja yang bermaksud memanfaatkan material (artikel/berita teks dan foto) AnjingKita.Com dengan cara memproduksi ulang, mengutip/menyadur, memperbanyak atau menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan material (artikel/berita teks dan foto) yang tercantum di dalam situs AnjingKita.Com, diharuskan mengajukan permohonan via email dan wajib mencantumkan tulisan "Sumber : www.anjingkita.com".

 



Bookmark Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya:  
Komentar Saya:

Artikel Sebelumnya:

Melena pada Anjing

Artikel Selanjutnya:

Petit Basset Griffon Vend�en

 Suara Kita Terkini

Open Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit VaksinOpen Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit Vaksin
Kiki - 23 April 2024 - 11:16

Free Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak RewelFree Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak Rewel
Harmelia - 23 April 2024 - 10:34

Di Hibahkan Pomeranian BetinaDi Hibahkan Pomeranian Betina
Dedi - 22 April 2024 - 13:10

Open Adopt French BulldogOpen Adopt French Bulldog
Dedi - 22 April 2024 - 13:05

Open Adopsi 4 Husky PureOpen Adopsi 4 Husky Pure
Elaine - 15 April 2024 - 09:55

Free Adopsi Anjing PomeranianFree Adopsi Anjing Pomeranian
Louis - 13 April 2024 - 16:16

Anjing HilangAnjing Hilang
Yola - 04 April 2024 - 11:26

Free Adopt Doggie 5 BulanFree Adopt Doggie 5 Bulan
Al - 03 April 2024 - 06:49

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATISOPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATIS
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 22:03

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUTOPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUT
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 21:56

Open Adopt FreeOpen Adopt Free
Ricky Onesimus - 19 Maret 2024 - 20:44

OPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIEROPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIER
Caca - 19 Maret 2024 - 10:38