Mengenal Registrasi & Bloodline APBT Klasik Yang Menjadi Pondasi Bloodline APBT Modern (bagian 1)        (3 komentar)

24 September 2005 - 11:33

Oleh Ir.Tony Jusuf

Darimana kita memulai mempelajari bloodline APBT jaman dahulu yang menjadi dasar kekuatan performance APBT modern ? Mungkin jika kita telusuri, maka akan semakin lama dan semakin panjang sejarahnya. Namun ada baiknya kita sedikit mengetahui mengenai latar belakang pedigree anjing-anjing kita, sehingga dapat bermanfaat sebagai studi banding terhadap APBT modern. Sejarah asal usul / nenek moyang trah APBT pernah saya tulis dalam buku saya yang pertama: "Pit Bull Terrier" (Trubus.2005). Disana telah saya bahas mengenai Bullbaiting, Bearbaiting dan Lionbait (nama-nama anjing Pitbull yang menangkap seekor singa a.l: Turk, Tyger,Captain,dll). Ya, memang sudah lama APBT memberikan bukti keberadaan dan bukti kekuatannya yang melegenda, Namun tetap saja banyak orang salah tafsir dengan memperkirakan bahwa Original Bulldog adalah Bulldog modern yang sekarang. Ternyata bukan !! Original Bulldog adalah generasi tua dari APBT yang dahulu belum diregister di UKC, bukan Bulldog berhidung pesek seperti sekarang, karena Pitbull dahulu hanya dipelihara oleh sejumlah kalangan di beberapa daerah di Eropa,spt:Inggris, Irlandia, Scotlandia, dsb.

Ok, sekarang kita akan maju ketahun 1800an sampai jaman sekarang, dan saya bagi dalam 5 Periode Bloodline :

1. Periode tahun 1800an-1900an. (Jaman Jim Corcoran dan J.P.Colby)

2. Periode tahun 1900 -1930 (Jaman Colby,Earl Tudor, Corvino )

3. Periode tahun 1930 - 1960 (Jaman Bob Wallace,Howard Heinzl, Boudreaux, Louis Colby)

4. Periode tahun 1960 - 1980 (Jaman Bert Sorrel, Tom Garner,Wilrox)

5. Periode tahun 1980 - 2000 (Breeder lama + Breeder baru/sekarang)

Namun sebelum membahas mengenai bloodline tua, saya akan mengulas sedikit mengenai asal usul registrasi APBT, Amstaff dan Staffordshire Bull Terrier (Staffie). Tidak bisa dipungkiri,bahwa dari sejak jaman dahulu, bahkan sampai sekarang: kontribusi dari Breeder/ bloodline Colby (JP.Colby sampai anak/cucunya) sangat memberikan peran yang besar dalam sejarah APBT, bahkan terhadap kerabatnya Amstaff dan Staffie.

Terkadang saya heran, mengapa ada orang-orang Amstaff (American Staffordshire Terrier) ataupun Staffie (Staffordshire Bull Terrier) yang seakan-akan malu / berusaha menutup-nutupi untuk mengakui bahwa breednya mempunyai asal usul dari gen Pit Bull juga, mungkin mereka khawatir jika nenek moyang anjingnya diketahui ternyata merupakan seekor Gamedog APBT,maka orang-orang awam akan memusuhi atau memberikan penilaian sebagai anjing "buas" terhadap breednya. Ok, Tidak masalah bagi kami, karena kami mengetahui yang sebenarnya bahwa : Gamebred APBT is more stable (stable disposition, familiar with children,& trusthworthy ) than any otherbreed in the World (including Amstaff/Staffie/ Golden/ Border Collie). Dibawah ini adalah sebagian bukti pedigree dari Gamebred APBT yang diternakan oleh JP.Colby dan kemudian digunakan dan diregister sebagai basic bloodline American Staffordshire Terrier jaman dahulu.

1. Robinson Paddy (AKC. no.reg: 62380) lahir 8 Nopember 1898, Bapaknya: Colby Bob Tail Bob, induknya: Colby Pansy.

2. Naimour (AKC no.reg:62381) lahir 26 November 1899

3. Jack The Ripper II (AKC no.reg:107570 ) th.1903

4. Colby's Tim (AKC no.136015) th.1905

5. Plunger (AKC no.107849) th.1906

6. Colby's Spry (AKC no. 139152) th.1907

7. Colby's Paddy (AKC no.158537) th.1908

8. Sando's Flo (AKC no.206995) th.1915

Untuk jelasnya sejarah registrasi APBT dan Amstaff saya uraikan sebagai berikut :mulanya terdaftar di UKC oleh Chaunzy Bennet tahun 1898 dengan nama American (Pit) Bull Terrier dan di AKC tahun 1898 (baru hanya sebagai data awal jenis Pit Bull), kemudian di ADBA oleh Guy Mc.Cord tahun.1909 sebagai Pit Bull Terrier, kemudian terjadi perdebatan nama untuk jenis ini sekitar tahun 1939, sehingga beberapa penggemar yang patuh terhadap ketentuan nama dari AKC memakai nama: American Bull Terrier, namun jenis ini terpisah registernya dari jenis Bull Terrier ( jenis yang berbeda).

" SEMPAT DIBENTUK PADA TAHUN 1921 SEBUAH CLUB BERNAMA: AMERICAN BULL TERRIER CLUB OF CLAY CENTER, KANSAS, YANG MENGAKUI JENIS INI SEBAGAI AMERICAN BULL TERRIER ".

Kemudian nama ini akhirnya ditolak / dibatalkan. Dan sempat terjadi ketidaktentuan nama dari jenis ini, karena ada yang memberikan usulan nama: Yankee Terrier, dan Staffordshire Terrier, dan akhirnya AKC mengusulkan nama :Staffordshire Terrier (1939). Intinya kebanyakan orang (terutama show people) berusaha mengganti/ menghilangkan nama: Pit yang memiliki kesan Anjing Petarung (Fighting dog breed) dari registrasi pada badan organisasinya ( AKC ). Sehingga secara tidak langsung, terdapat garis perbedaan antara standard anjing Pit Bull yang ditentukan oleh AKC sebagai Staffordshire Terrier ( nama ini kemudian diganti sendiri oleh AKC menjadi American Staffordshire Terrier pada tahun 1972) dengan standard anjing-anjing Pit Bull yang dikembangkan oleh breeder-breeder anjing Pit Bull Petarung seperti keluarga Colby yang umumnya hanya meregistrasi anjingnya pada UKC dan ADBA saja dan memakai standard tersendiri dengan nama APBT (American Pit Bull Terrier). Kepala Komite showdog: WT.Brandon mendelegasikan untuk mencari anjing Pit Bull diseluruh wilayah Amerika yang akan dipakai sebagai contoh baku/ standard bagi anjing jenis Staffordshire Terrier, sehingga kemudian ditemukan seekor anjing Pit Bull bernama: Colby Primo (diambil dari peternakan Colby) yang dianggap paling pantas/ layak mewakili sebuah contoh standard Staffordshire Terrier.

Disamping itu beberapa orang tetap berpandangan bahwa APBT dan Amstaff adalah satu jenis, mereka (Staffordshire Terrier Club of America= STCA) memberikan surat pada tahun 1943 kepada Louis Colby yang mengakui bahwa Amstaff adalah APBT atau sebaliknya.

Demikian pula pada sejarah Staffordshire Bull Terrier, anjing Pit Bull yang berukuran kecil ini (14-15inc) yang asal usulnya dahulu (sebelum ke Amerika) memang berasal dari Inggris (Eropa), kemudian dikembangkan oleh para peternak di Inggris, tapi ada pula yang di Amerika, jika mereka orang-orang (Amstaff dan Staffie) membuka buku "Stud -books" (catatan pegigree) anjingnya, maka mereka dapat melihat banyak kesamaan dengan APBT, hanya saja setelah dibreeding selama puluhan tahun (50 thn) dengan ketentuan standard tertentu yang lebih kearah show atau pet-purpose (contoh: standard yg diakui AKC thn.1974), maka dianggap sebagai trah yang berbeda dari APBT.

Pada tahun 1960, anjing-anjing Pit Bull yang terdaftar di UKC, mengikuti kompetisi Pameran show-dog yang diselenggarakan oleh AKC, mereka dipamerkan sebagai jenis Amstaff, dan ternyata sebanyak 26 anjing Pit Bull (APBT) memenangkan kompetisi sebagai anjing juara dengan status Amstaff (meskipun anjing Pit Bull, sehingga dijuluki = pit-Amstaff ), seperti : Ch.Knight Crusader, Ch.Lylane Jill of Rossmore, Ch.Gallant Ruff, dan Ch.Tacoma Cherokee Rose.

Setelah masa-masa itu, keluarga Colby meregister anjing2nya pada AKC hanya sebagai penghormatan/ ramah tamah saja, karena setelah itu keluarga Colby hanya meregister pada UKC dan ADBA saja yang dianggap lebih konsisten terhadap standard APBT.. Namun anjing2 Colby dan dukungannya terhadap AKC memberikan peran besar / bagian penting terhadap sejarah trah Amstaff.

Kemudian sekarang mengapa justru APBT yang tidak diakui oleh Organisasi Peranjingan Dunia (seperti:FCI ) dan juga Perkin ? Apakah karena anjing ini tidak Purebred ? Tentu saja sebenarnya APBT adalah Purebred, bahkan dengan konsep breeding yang lebih konsisten dari anjing jenis lain, dan apakah karena APBT mempunyai karakter yang buruk ? Tentu Tidak benar. Namun saya pikir karena banyak anggapan negatif dari orang awam terhadap breed APBT ini. Sehingga sebenarnya diperlukan orang-orang yang dapat memelihara & melatihnya dengan benar dan merubah image jenis ini yang terlanjur buruk diubah menjadi image yang baik.

Menurut saya jika mereka mengakui Staffordshire Bull Terrier (Staffie) ataupun Amstaff maka seharusnya mereka juga mengakui APBT, bahkan sebenarnya mereka tidak bisa dengan mudah membedakan antara Amstaff dengan Staffie ataupun dengan APBT hanya dengan melihat penampilannya, sebab APBTpun juga ada yang memiliki ukuran kecil, sedang dan agak besar.

Untuk anjing-anjing APBT dengan registrasi UKC ataupun ADBA dan registrasi badan lainnya, apabila anjing tersebut memenuhi standard APBT dan dapat memperlihatkan ciri-ciri temperamen & performancenya maka sebenarnya tidaklah menjadi perbedaan/ masalah, demikian juga untuk ukuran tubuh APBT, dan bentuk kepala, disini terdapat keanekaragaman ukuran dan bentuk kepala selama dalam batas-batas yang normal. Beberapa APBT di Amerika ada yang mempunyai double register ataupun triple register, seperti diregister di UKC, ADBA atau juga di AKC. Contoh :

1. Colby's Buffy (register AKC no:A641444 sebagai Amstaff dan diregister di ADBA no:500-10 sebagai APBT)

2. Colby's Tweedie (register UKC no:310547 dan diregister di ADBA no:500-45, kedua registrasi sebagai APBT)

Kita tinggalkan masalah registrasi, dan sekarang, kita akan melihat beberapa bloodline tua (tidak semua) dan bagaimana mereka dikembangkan. Setidaknya kita dapat melihat mengapa para breeder tersebut mau untuk bekerja keras dengan baik dalam program breedingnya dengan komitmen yg kuat, tetap mengutamakan hal-hal pokok seperti temperamen dan performance anjing yang menghasilkan anjing-anjing juara Fighting dog sepanjang masa tersebut

bersambung......

Sumber foto : http://www.wob-kampfhunde.com

Bookmark Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya:  
Komentar Saya:

Artikel Sebelumnya:

Von Bukit Sion

Artikel Selanjutnya:

INA. CH. Jacqusa Von Haus Kirba

 Suara Kita Terkini

Open Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit VaksinOpen Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit Vaksin
Kiki - 23 April 2024 - 11:16

Free Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak RewelFree Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak Rewel
Harmelia - 23 April 2024 - 10:34

Di Hibahkan Pomeranian BetinaDi Hibahkan Pomeranian Betina
Dedi - 22 April 2024 - 13:10

Open Adopt French BulldogOpen Adopt French Bulldog
Dedi - 22 April 2024 - 13:05

Open Adopsi 4 Husky PureOpen Adopsi 4 Husky Pure
Elaine - 15 April 2024 - 09:55

Free Adopsi Anjing PomeranianFree Adopsi Anjing Pomeranian
Louis - 13 April 2024 - 16:16

Anjing HilangAnjing Hilang
Yola - 04 April 2024 - 11:26

Free Adopt Doggie 5 BulanFree Adopt Doggie 5 Bulan
Al - 03 April 2024 - 06:49

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATISOPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATIS
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 22:03

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUTOPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUT
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 21:56

Open Adopt FreeOpen Adopt Free
Ricky Onesimus - 19 Maret 2024 - 20:44

OPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIEROPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIER
Caca - 19 Maret 2024 - 10:38