Iklan Anjing Dijual Berita Dunia Anjing Artikel Tentang Anjing Jadwal Pameran Anjing Jadwal Dog Gathering

Foto Anjing Jenis Anjing Ras Data Kennel Anjing Pejantan Organisasi & Komunitas Dr. Hewan/Klinik

Produk Untuk Anjing Jasa & Layanan Untuk Anjing Download Syarat Pemasangan Iklan
 Beranda Beranda  Profil  FAQ  Kontak Kami 
 Gabung bersama kami di Facebook  Gabung bersama kami di Twitter
Rabu, 26 Nopember 2014 -  (UTC+7)  
 
Semarang Dog Show 2014

 :: Layak Disimak ::

Jenis Anjing Ras
Beranda : Jenis Anjing Ras

08 Maret 2004 - 21:54  
Golden Retriever (Versi AKC & The Kennel Club)       (298 Komentar)

Oleh Widjajanto (SS 93 Golden retriever)

Perkin Pusat telah menyetujui peraturan yang mengatur usia minimal pemacakan untuk trah Golden Retriever dari usia 14 bulan (jantan) dan 14 bulan (betina ) menjadi 24 bulan (jantan) dan 20 bulan (betina) .per tanggal 26 Febuary 2005 melalui surat NO: 0043/SIL.PST/II/2005 .

Peraturan ini sebelumnya telah diajukan oleh GRCI pusat pada Rapat Munas IX Perkin Pusat pada tanggal 1-2 Desember 2004.

Peraturan ini akan diberlakukan mulai tanggal 1 April 2005 .

Para penggemar, pencinta, dan pemilik anjing trah Golden Retriever diharapkan untuk memperhatikan peraturan usia pemacakan baru ini untuk menghindar terjadinya kekeliruan dan kerincuhan setelah tanggal 1 April 2005.

Mengapa Golden Retriever???

Golden Retriever, dengan penampilan yang glamorous dan selalu ceria telah menjadi salah satu anjing pendamping (manusia) terpopuler di dunia. Kecerdasannya telah membuat trah ini mudah dilatih menjadi anjing yang serba bisa. Menjadi teman berburu, menuntun orang buta, membantu penyandang cacat tubuh hingga orang yang tuli, bahkan menjadi anjing therapy. Selain itu, trah ini juga telah banyak mengukir prestasi dalam kompetisi diberbagai bidang, seperti : Field Trials, Working Trials, Agility dan Obedience. Keindahannya juga menjanjikan kesuksesan di Show Ring. Namun di samping semua prestasi di atas, yang paling utama bagi pemiliknya adalah bahwa Golden Retriever merupakan anjing pendamping yang sempurna. Dengan pembawaan yang ramah, anjing ini selalu ingin menyenangkan pemilik dan keluarganya.

Warna bulu Golden Retriever senantiasa keemasan bila diterpa sinar, karena itu namanya Golden. Namun, tingkat kegelapan warnanya sangat beragam, mulai dari yang nyaris putih (broken white) hingga yang coklat kemerahan seperti tembaga. Pada awalnya trah ini dibiakkan untuk teman berburu burung dan unggas liar lainnya. Ketika buruan telah tertembak dan jatuh, maka Golden Retriever akan mengambil dan menyerahkannya kepada tuannya secara utuh. Kemampuan inilah yang menyebabkan trah ini disebut Retriever. Cobalah lempar bola, maka anjing ini akan mengejar dan menangkap serta mengembalikannya kepada anda.

Sebagai Working Dog, Golden Retriever banyak yang difungsikan sebagai pelacak barang-barang terlarang seperti narkoba, bom, dll. Banyak pula yang difungsikan sebagai anjing pencari dan penolong korban dalam kegiatan Search and Rescue (SAR), seperti dalam kasus runtuhnya bangunan bertingkat akibat gempa maupun oleh bom, seperti dalam kasus 911 ketika gedung WTC di New York runtuh akibat ditabrak pesawat oleh teroris.

Temperamen

Salah satu alasan utama seseorang memilih anjing pendamping dari suatu trah tertentu, adalah kesesuaian antara temperamen bawaan dari trah tersebut dengan temperamen dan gaya hidup kita sendiri. Golden Retriever adalah anjing yang bersahabat, penuh kasih sayang dan sangat setia kepada pemilik dan keluarganya. Cerdas, mudah dilatih dan selalu ceria, sehingga mudah berkawan dengan binatang peliharaan yang lain. Trah yang mencintai anak-anak ini tidak akan marah meskipun kita melakukan provokasi kepadanya. Dia selalu hanya ingin menyenangkan kita dan memberikan keceriaan di dalam keluarga kita. Golden Retriever pada umumnya juga tidak agresif terhadap anjing asing. Bila terjadi sebaliknya, kebanyakan justru karena kegembiraannya yang berlebihan bertemu dengan teman bermain yang baru. Namun hal itu dapat dengan mudah dikontrol, yaitu dengan latihan yang terprogram. Dengan temperamen yang demikian, meskipun seekor Golden Retriever akan memberikan peringatan bila ada orang / mahluk asing, jangan sekali-kali mengharapkan Golden Retriever sebagai anjing penjaga. Bila anda menginginkan anjing penjaga, carilah trah lain.

Perawatan

Golden Retriever adalah anjing yang sangat enerjik, karena itu bila tidak tidak dilatih dengan benar, dia dapat melampiaskan kelebihan enerjinya dengan merusak perabotan, sandal / sepatu, keset / handuk, gordyn, tanaman, dan sebagainya. Untuk menguras enerjinya, dapat diajak jalan, lari atau main bola, minimal 1 jam perhari. Dia akan amat sangat menikmatinya. Anjing ini juga menyukai tempat yang sejuk hingga dingin. Bulunya akan tumbuh lebih lebat ditempat yang lebih dingin. Meskipun demikian, faktor genetik, usia dan perawatan juga berperan sekali terhadap kelebatan bulunya. Terlalu sering memandikan anjing Golden, akan menambah banyak bulu yang rontok. Selain itu akan menghilangkan minyak di bulunya, sehingga bulunya akan terlihat kering dan kusam. Gunakan shampoo khusus anjing, karena kulit dan bulu anjing memerlukan shampoo dengan pH yang berbeda dari rambut dan kulit kepala manusia. Kulit anjing tidak mempunyai pori-pori, karena itu anjing tidak berkeringat. Sebab itu bila anjing kelelahan, akan banyak mengeluarkan air liur. Bila tubuh / bulu anjing hanya kotor dibagian tertentu, cukup dicuci di bagian yang kotor saja, atau dapat juga ditaburi bedak (dalam keadaan kering) lalu disisir. Penyisiran rutin cukup dilakukan sekali sehari untuk menghindari bulu menjadi kusut. Dalam masa pertumbuhannya sejak kecil, Golden Retriever memerlukan sosialisasi yang baik. Sosialisasi dan cara pemeliharaan yang kurang baik dapat terbawa dalam bentuk penyimpangan karakternya.

Club

Di Indonesia sudah dibentuk klub pecinta Golden Retriever, yaitu GRCI (Golden Retriever Club Indonesia). Sementara ini sudah ada di 2 wilayah yaitu Jakarta dan Jawa-Barat.

Standarisasi

Sangat populernya trah Golden Retriever sebagai anjing piaraan di rumah, karena karakter dan perangainya yang menakjubkan, dicemaskan lama-lama dapat mengurangi kemampuannya sebagai anjing pekerja yang tangguh. Karena itu, semua yang terlibat dalam perkembangan trah ini, terutama juri, breeder dan mereka yang suka berpameran, seyogyanya melihat Golden Retriever secara utuh; struktur, karakter dan kemampuannya menuruti perintah. Untuk itulah diperlukan suatu standar sebagai cetak biru dari trah tersebut.

Standar Golden Retriever pertama kali dibuat dan ditetapkan di Inggris, di mana trah ini pertama kali ditemukan lebih dari 100 tahun yang lalu. Selanjutnya, standar itu disebut British Standard.

British Standard, yang dikeluarkan oleh The Kennel Club (British), untuk trah ini diakui dan digunakan sebagai acuan oleh Federation Cynologique International (FCI), karenanya semua negara Eropa mengacu pada standar ini. British Standard ditetapkan pertama kali pada tahun 1913. Setelah mengalami beberapa kali revisi, pada tahun 1986 dikeluarkan versi yang dipakai hingga kini. Pada awalnya, Amerika dengan American Kennel Club (AKC) nya, menggunakan standar yang sama, namun setelah sekian tahun mereka mengubahnya. Mereka merinci karakteristik Golden Retriever secara lebih detail, namun tetap mempertahankan tinggi anjing trah ini sesuai British Standard yang pertama. Versi terakhir yang digunakan hingga sekarang dikeluarkan pada tahun 1990.

Kedua standar inilah yang banyak diikuti oleh organisasi-organisasi kinologi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Meskipun kedua standar ini berawal dari sumber yang sama, dalam perkembangannya terjadi beberapa perbedaan. Disamping itu, interpretasi masing-masing individu yang turut menentukan standar, bisa berbeda. Sehingga pada akhirnya terbentuk dua aliran utama tipe Golden Retriever, yaitu : British line dan American line. Perkin, sebagai salah satu organisasi kinologi di Indonesia, di mana banyak pemilik Golden Retriever menjadi anggotanya, secara formal bernaung di bawah FCI. Namun, dalam kenyataannya, pemilik Golden Retriever anggota Perkin mempunyai selera yang beragam. Sebagian menyukai British line, namun sebagian lainnya lebih menyukai American line.

Untuk mengakomodasi kebutuhan kedua kelompok pecinta Golden Retriever ini, kedua standar tersebut telah disadur berikut ini.

Standar AKC (American Kennel Club, 1990)

Penampilan Umum dan Karakteristik :

Simetri, aktif, bertenaga, sehat dan kuat, proporsional, menunjukkan ekspresi yang baik, memiliki kemauan keras, tanggap dan percaya diri. Sebagai anjing berburu, seyogyanya dipamerkan dalam kondisi kerja keras. Perhatian utama harus diberikan untuk tampilan umum, keseimbangan, pergerakan dan fungsinya.

Kesalahan : Setiap penyimpangan dari kondisi ideal di atas harus dianggap sebagai kesalahan dengan tingkat yang sesuai dengan pengaruhnya terhadap fungsi trah ini atau penyimpangannya terhadap karakter trah ini.

Ukuran, Proporsi dan Substansi :

Tinggi anjing jantan 23 -24 inci (58,5 - 61 cm), diukur pada ujung atas tulang bahu (withers). Tinggi anjing betina 21,5 - 22,5 inci (54,5 - 57 cm). Penyimpangan >1 inci (2,5 cm) dari standar harus dipenalti secara proporsional, sedangkan penyimpangan >1 inci harus didiskualifikasi.

Panjang anjing, diukur dari tulang dada terdepan hingga titik terbelakang pada pantat, sedikit lebih dibandingkan tingginya, dengan perbandingan 12 : 11. Berat anjing jantan 65 - 75 pon (29,5 - 34 kg) dan anjing betina 55 - 65 pon (25 - 29,5 kg).

Kepala, Mata, Telinga dan Moncong :

Batok kepala (skull) lebar, bila dilihat dari depan maupun samping sedikit melengkung, dengan tulang kening (forehead) dan ujung belakang batok kepala (occiput) tidak menonjol. Stop terlihat jelas, namun tidak terlalu tajam. Wajah depan (foreface, dari stop hingga ujung moncong) lebar, panjangnya hampir sama dengan batok kepala. Moncong lurus, menyambung mulus dan kuat ke tengkorak. Dilihat dari atas, sedikit melebar di dekat stop dibandingkan di ujungnya. Tidak ada masalah dengan bibir samping yang menggantung. Pencukuran kumis diperbolehkan, namun tidak memberi nilai tambah.

Mata mengekspresikan persahabatan dan kecerdasan, berukuran sedang dengan lingkaran berwarna gelap di sekelilingnya. Kedua mata terpisah dengan jarak yang baik dan berada cukup dalam di kelopaknya. Warna lebih disukai yang coklat gelap, namun coklat sedang masih diperbolehkan. Bentuk mata sipit dan segitiga mengurangi ekspresi yang benar dan harus disalahkan. Bagian putih bola mata tidak terlihat bila anjing melihat lurus ke depan. Anjing yang menunjukkan abnormalitas fungsi kelopak atau bulu mata (seperti : trichiasis, entropion, ectropion atau distichiasis) harus dikeluarkan dari ring.

Telinga agak pendek, sisi depannya menggantung dengan enak pada posisi di belakang dan tepat di atas mata, serta jatuh dekat pipi. Bila ditarik ke depan, ujung telinga tepat menutup mata. Telinga yang menggantung rendah seperti jenis hound harus disalahkan.

Hidung berwarna hitam atau coklat, namun warna yang memudar dimusim dingin bukan hal yang serius. Hidung berwarna pink atau yang kekurangan pigmen harus disalahkan.

Gigi menggunting (scissors bite), dimana sisi luar gigi seri bawah tepat menyentuh sisi dalam gigi seri atas. Gigitan undershot (gigi seri bawah lebih maju daripada gigi seri atas) atau overshot (gigi seri atas jauh terlalu maju daripada gigi seri bawah) harus didiskualifikasikan. Gigi seri tidak teratur atau gigi seri atas dan bawah ujung-unjungnya tepat saling sentuh (level bite) tidak disukai, tapi kondisi ini bukanlah undershot atau overshot. Gigi harus lengkap. Gigi terlalu renggang merupakan kesalahan serius.

Leher, Topline dan Badan

Lehernya mempunyai panjang yang sedang, menyambung secara gradual dengan pundak, memberi tampilan kekar dan berotot. Tidak ada lipatan kulit di bawah leher.

Garis punggung kuat dan mendatar dari pundak (withers) serta sedikit menurun di bagian belakang (croup), pada posisi berdiri diam maupun bergerak. Garis punggung yang turun secara menerus dari pundak ke belakang, melengkung ke atas ataupun ke bawah, punggung belakang (croup) yang datar atau turun terlalu curam, harus disalahkan.

Badan seimbang, tidak panjang dan tebal di dada (deep). Dada di antara kaki depan, paling tidak selebar kepalan tangan pria dengan dada depan (forechest) mengembang dengan baik. Dada bawah (brisket) mencapai siku depan (elbow). Rusuk panjang dan mengembang dengan baik, tapi tidak seperti lontong, serta memanjang dengan baik ke bagian belakang. Pinggangnya pendek, berotot, lebar dan tebal dengan sedikit lekukan ke dalam. Bentuk badan yang lurus tanpa lekukan pinggang, dada yang sempit, brisket yang kurang turun atau lekukan pinggang yang berlebihan, harus disalahkan.

Ekor

Ekor menyambung ke badan dengan baik, tebal dan berotot di pangkalnya, menyambung secara mulus dengan garis punggung. Bila ke bawah, tulang ekor mencapai siku belakang (hock), tidak lebih rendah. Melambai dengan ceria, posisi mendatar atau sedikit melengkung ke atas; tidak melingkar hingga di atas punggung atau melipat ke bawah diantara kedua kaki belakang.

Bagian Depan

Berotot, terkoordinasi baik dengan bagian belakang dan mampu bergerak bebas. Tulang pundak-nya panjang dan menumpu dengan baik di mana sisi atasnya (pada withers) saling berdekatan. Lengan atas kurang lebih sama panjang dengan tulang pundak, sedemikian sehingga sikunya tepat berada di bawah ujung atas tulang pundak dan merapat ke tulang rusuk. Batang kaki, dilihat dari depan, lurus dengan tulang yang bagus tapi tidak sampai kasar. Pastern (antara lengan bawah dan telapak kaki) pendek dan kuat, sedikit condong tanpa kesan lemah. Declaws (kuku ke lima yang tumbuh di belakang pastern) boleh dibuang, namun biasanya dibiarkan saja.

Telapak kaki berukuran sedang, bulat, kompak, tebal, dengan ruas-ruas yang baik. Bulu yang berlebihan boleh digunting/dirapikan agar menampilkan ukuran dan bentuk telapak kaki yang sebenarnya. Bentuk kaki bebek (jari-jari menyebar) atau kaki kelinci (jari-jari terlalu panjang) harus disalahkan.

Bagian Belakang

Lebar dan berotot kuat. Profil garis punggung belakang (croup) sedikit menurun; tulang panggul (pelvis) turun lebih curam, sekitar 30 derajat terhadap horizontal. Pada posisi berdiri tegak alami (natural stance), tulang paha atas (femur) membentuk sudut hampir 90 derajat dengan tulang panggul; sisi depan paha (stifle) membentuk kurva yang baik; siku belakang (hock) bertumpu dengan baik di atas pastern belakang yang pendek dan kuat. Telapak kaki seperti kaki depan. Batang kaki lurus bila dilihat dari belakang. Batang kaki bengkok ke dalam (cow hock), bengkok ke luar (spread hock), dan sikunya terlalu tajam sehingga sisi depannya membentuk garis seperti sabit/celurit (sickle hock), harus disalahkan.

Bulu

Tebal dan bersifat menolak air (water repellent) dengan bulu bagian dalam (undercoat) yang baik. Bulu luar tertanam kuat dan mudah rapi kembali dengan sendirinya, tidak kasar maupun lembut, rebah merapat ke badan; boleh lurus atau bergelombang. Bulu dasi, di depan leher dan dada (ruff), tidak dipotong; sisi belakang lengan dan sisi bawah tubuh berbulu jumbai (feathering) sedang; sisi depan leher, belakang paha dan bawah ekor berbulu jumbai lebih lebat (ruff and feathering). Kepala, punggung telapak kaki dan sisi depan batang kaki berbulu pendek dan rata. Bulu yang panjang berlebihan, botak, lemas dan lunak, kurang disukai. Telapak kaki boleh dirapikan dan digunting bulunya, tapi bentuk alamiahnya tidak boleh diubah dengan pemangkasan.

Warna

Aneka warna keemasan dengan beragam tingkat kegelapan. Bulu jumbai biasanya berwarna lebih muda dari bulu di bagian lain. Kecuali ubanan atau memutihnya bulu wajah atau badan karena usia, setiap bercak putih selain beberapa lembar rambut putih di dada, harus dipenalti sesuai luasnya bercak. Warna yang terang jangan dirancukan dengan bercak putih. Warna dominan yang ekstrim pucat atau ekstrim gelap, kurang disukai. Kelonggaran harus diberikan untuk anakan berwarna pucat yang berprospek makin menua seiring dengan usianya. Setiap bercak hitam atau warna asing lainnya yang terlihat, merupakan kesalahan serius.

Gaya Berlari (Gait)

Ketika berlari, gerakannya bebas, lancar, bertenaga dan terkoordinasi dengan baik, menunjukkan langkah yang bagus. Dilihat dari posisi manapun, batang kaki tidak bengkok ke dalam maupun ke luar, telapak kaki tidak saling silang atau bertabrakan. Bila kecepatan bertambah, telapak kaki cenderung saling mendekat ke arah pusat keseimbangan. Dalam pameran, dianjurkan menggunakan tali yang longgar agar diperoleh langkah yang benar.

Temperamen

Bersahabat, dapat dipercaya dan diandalkan. Sikap bermusuhan atau tidak ramah terhadap anjing atau orang asing dalam situasi normal, atau tanpa sebab yang jelas menunjukkan ketakutan atau kecemasan, bukanlah sifat Golden Retriever. Sikap demikian harus dipenalti sesuai tingkat keseriusannya.

Diskualifikasi

1.Penyimpangan tinggi badan lebih dari satu inci terhadap standar.

2.Gigitan yang undershot atau overshot.

Standar The Kennel Club (British), (1986)

Penampilan Umum

Simetri, seimbang, aktif, bertenaga, lincah; dapat diandalkan dengan ekspresi yang baik.

Ukuran

Tinggi pada withers : Anjing jantan 56 - 61 cm (22 - 24 inci); Anjing betina 51 - 56 cm (20 - 22 inci).

Kepala

Seimbang, dengan lekuk liku yang baik, batok kepala lebar tanpa kesan kasar; menyambung mulus dengan leher; moncong kuat, lebar dan tebal. Panjang wajah depan (foreface) kurang lebih sama dengan panjang dari stop yang baik hingga ujung belakang batok kepala (occiput). Hidung hitam lebih disukai.

Mata

Coklat gelap, terpisah dengan posisi yang baik, dikelilingi lingkaran berwarna gelap.

Telinga

Berukuran sedang, menggantung hampir setinggi mata.

Mulut

Rahang kuat, dengan gigitan menggunting yang sempurna, teratur dan lengkap, yaitu gigi atas menangkup rapat didepan gigi bawah dan tertanam baik di kedua rahangnya.

Leher

Panjangnya pas, bersih (dari lipatan kulit di bawah leher) dan berotot.

Badan

Seimbang, pendek, tebal di bagian dada. Rusuk mengembang dengan baik. Garis punggung datar.

Ekor

Menyambung datar dengan punggung, panjangnya mencapai siku belakang (hock), tanpa melingkar di ujungnya.

Bagian Depan

Batang kaki depan lurus dengan tulang yang baik, pundak menumpu dengan baik, tulang pundaknya panjang dengan lengan atas sepanjang tulang pundak, sedemikian sehingga posisi batang kaki depan tepat di bawah badan. Siku-siku menyambung dengan pas.

Telapak Kaki

Bulat dan seperti kaki kucing.

Bagian Belakang

Pinggang dan batang kaki belakang kuat serta berotot, paha bawah (second thigh) bagus, lekukan sisi depan paha (stifle) baik. Siku belakang (hock) menumpu dengan baik, lurus bila dilihat dari belakang, tidak bengkok ke dalam maupun ke luar. Siku yang bengkok ke dalam (cow hock) sangat tidak disukai.

Bulu

Lurus atau bergelombang dengan bulu jumbai yang bagus; bulu dalam tebal dan tahan air.

Warna

Keemasan atau krem dalam semua tingkat kegelapan, asalkan bukan merah atau mahoni. Beberapa helai rambut putih di dada diperbolehkan.

Gaya Berlari / Pergerakan

Penuh tenaga dengan tendangan yang bagus. Lurus dan benar depan maupun belakang. Langkahnya panjang dan bebas tanpa kesan seperti langkah tegap (hackney) pada kaki depan.

Temperamen

Baik, bersahabat dan percaya diri.

Karakteristik

Mudah diperintah, cerdas dan mempunyai kemampuan kerja bawaan.

Kesalahan

Setiap penyimpangan dari butir-butir di atas harus dianggap kesalahan, dan tingkat keseriusannya harus dilihat secara proporsional.

Catatan : Anjing jantan harus mempunyai dua buah pelir / testikel yang jelas normal dan sepenuhnya turun kekantungnya.

Daftar Pustaka

1.Valerie Foss (editor) : The Ultimate Golden Retriever, Howel Book House, A Simon & Schuster / Macmillan Company, 1633 Broadway, New York, NY 10019, 1997.

2.Marcia R. Schlehr :A Study of the Golden Retriever, Travis House, Flat Rock, Michigan, Third Edition, 1994.

3.Official Publication of tha American Kennel Club : THE COMPLETE DOG BOOK, Macmillan, USA, 18th Edition, 1992.

4.James E. Walsh, Jr. : Golden RetrieverS, T.F.H. Publications, Inc., 1 T.F.H. Plaza, Third and Union Aves., Neptune City, NJ 07753, USA, 1994.

5.Juliette Cunliffe : The Encyclopedia of DOG BREEDS, Parragon, Queen Street House, 4 Queen Street, Bath BA1 1HE, UK, 2000.

 

Berita Dunia Anjing | Artikel Tentang Anjing | Data Kennel | Anjing Pejantan | Jenis Anjing Ras | Organisasi
Produk Untuk Anjing | Jadwal Pameran Anjing | Jadwal Dog Gathering | Berita Anjing Hilang | Foto Anjing

Pasang Iklan Anjing GRATIS: AnjingDijual.NET

 


 Kirim ke teman Versi cetak Beri Penilaian Komentar
Komentar:
*) Nama Anda:
E-mail Anda:
*) Subyek:
*) Komentar:
1000 Karakter Maksimum

*) Wajib diisi!
Penilaian Saya:

Sebelumnya:

Anjing Chihuahua
Anjing Dachshund
Anjing Shih Tzu
Anjing Bull Terrier

Selanjutnya:

Labrador Retriever
Anjing Gembala Jerman
Anjing Chinese Crested Dog
Anjing Shetland Sheepdog
Anjing American Pit Bull Terrier
 
 :: Iklan Premium ::
Jual Japanese Akita
Jual Japanese Akita
Alaskan Malamute Puppies Show Quality Turunan Champ Eropa
Alaskan Malamute Puppies Show Quality Turunan Champ Eropa
Golden Retriever Bloodline Champion & Show Quality
Golden Retriever Bloodline Champion & Show Quality
For Sale 3 Puppies Siberian Husky Good Quality
For Sale 3 Puppies Siberian Husky Good Quality
Jual Anakan Herder Show Quality
Jual Anakan Herder Show Quality
Jual Kandang Stainless & Semi Stainless & Pagar Midwest Imp
Jual Kandang Stainless & Semi Stainless & Pagar Midwest Imp
For Sale Super Duper Mini Pom
For Sale Super Duper Mini Pom
Dijual 1 Anakan French Bulldog Betina Kualitas Istimewa
Dijual 1 Anakan French Bulldog Betina Kualitas Istimewa
Dijual Puppy Super Red Toy Poodle
Dijual Puppy Super Red Toy Poodle
Golden Pupppies Stamboom Good Quality
Golden Pupppies Stamboom Good Quality
Pejantan GSD Working Line Import Ceko : Iziasch Vikar IPO3
Pejantan GSD Working Line Import Ceko : Iziasch Vikar IPO3
Dijual 3 Ekor Siberian Husky
Dijual 3 Ekor Siberian Husky
Alaskan Malamute Puppies Bloodline Eropa & Show Prospect
Alaskan Malamute Puppies Bloodline Eropa & Show Prospect
For Sale Super Mini Pomeranian
For Sale Super Mini Pomeranian
Jual 2 Anakan Sheltie
Jual 2 Anakan Sheltie
Good Quality Toy Poodle Puppies
Good Quality Toy Poodle Puppies
Siberian Husky Good Quality For Sale
Siberian Husky Good Quality For Sale
Puppia Soft Dog Harness
Puppia Soft Dog Harness
Jual 2 Ekor Yorkshire Jantan
Jual 2 Ekor Yorkshire Jantan
Dijual 2 Anakan Herder Top
Dijual 2 Anakan Herder Top
Dijual Puppy American Bully
Dijual Puppy American Bully
Dijual 4 Ekor French Bulldog Puppy
Dijual 4 Ekor French Bulldog Puppy
Dijual 2 Pomeranian Betina
Dijual 2 Pomeranian Betina
Jual Husky Betina Good Quality
Jual Husky Betina Good Quality
Dijual Belgian Blackheads Eureka
Dijual Belgian Blackheads Eureka
Jual Belgian Malinois (Blacknecks A Gipsy)
Jual Belgian Malinois (Blacknecks A Gipsy)
Jual Herder Jantan (Asko)
Jual Herder Jantan (Asko)
Dijual Belgian Malinois Jantan (Iboy)
Dijual Belgian Malinois Jantan (Iboy)
Dijual Belgian Malinois (Japan)
Dijual Belgian Malinois (Japan)
Dijual Belgian Malinois (Queen)
Dijual Belgian Malinois (Queen)
Dijual Belgian Malinois (Sky)
Dijual Belgian Malinois (Sky)
Dijual Cepat 3 Ekor Anak Papillon
Dijual Cepat 3 Ekor Anak Papillon
Jual 2 Labrador Puppies Good Quality
Jual 2 Labrador Puppies Good Quality
Jual Herder Betina Dan Jantan
Jual Herder Betina Dan Jantan
Jual Herder Betina Berkualitas
Jual Herder Betina Berkualitas
Dijual 1 Ekor American Bully Jantan Istimewa
Dijual 1 Ekor American Bully Jantan Istimewa
Shiba Inu Puppies Show Quality
Shiba Inu Puppies Show Quality
Dijual 1 Ekor Anjing Herder Betina Top
Dijual 1 Ekor Anjing Herder Betina Top
Dijual 5 Ekor Anakan Miniature Schnauzer
Dijual 5 Ekor Anakan Miniature Schnauzer
Dijual Puppy Chow - Chow
Dijual Puppy Chow - Chow
Penitipan Anjing Eksklusif (Golden Sport's Dog Hotel Plus)
Penitipan Anjing Eksklusif (Golden Sport's Dog Hotel Plus)
Puppies Apbt Super Quality Dan Limited Edition
Puppies Apbt Super Quality Dan Limited Edition
Jual 5 Ekor Anjing American Cooker Spaniel
Jual 5 Ekor Anjing American Cooker Spaniel
Dijual Anakan Herder Jantan Show Quality
Dijual Anakan Herder Jantan Show Quality
Dijual Pejantan Labrador Import Eropa
Dijual Pejantan Labrador Import Eropa
Dijual 5 Puppies Pug Good Quality
Dijual 5 Puppies Pug Good Quality
Pasang Iklan Premium
Pasang
Iklan Premium
Pasang Iklan Premium
Pasang
Iklan Premium
 
 :: Kategori Baru di Galeri Foto ::
Klik untuk perbesar
*Candid* The Jakarta Dog Show 2014 - November (240)
PERKIN Jaya Present “The Jakarta Dog Show 2014” ; Ecovention, Ocean EcoPark - Ancol. All images copyrighted to VRDnal Photography.
Klik untuk perbesar
Golden Retriever Centre JUMP 'n HUNT #2 (61)
Foto oleh d.o.f photo jogja www.dofphotojogja.com http://dofphotojogja.tumblr.com http://wedding-dofphotojogja.tumblr.com http://www.facebook.com/our.dofphotojogja twitter & instagram: @dofphotojogja PIN: 2877DA1C WA/ SMS: 085927441505
Klik untuk perbesar
The Winner @PERKIN Jabar Dogshow 2014 (132)
Ciater Highland Resort, 18-19 Oktober 2014. Photo sponsored by : Pinkrosekennel.com. All images copyrighted to VRDnal Photography.
Sylphid Kennel - Papillon Specialist Queen Bless Selection
Purina, fuel the champion within Fourty One Golden Retriever Kennel Joe Hauze Meradog, Fortan, Schweikert Dockermann, a dobermann kennel RCA Dobermann Quality Beagle, Beagle Quality Zamosky BJ House Pomeranian Gold Legend Kennel Pink Rose Kennel Java Bulls Adakirik - Pure Breed Alaskan Malamute Rumah Terraria Bavernhof - Schutzhund / IPO & Family Protection Dog Excellent Star Pom Kandang Aluminium untuk peliharaan Anda Golden Heaven Kennel RX Professional Grooming Simply Gallery Indonesia Pet Treasure Nebula Maranatha Kennel Klub Rottweiler Indonesia Piet Klinik, Klinik Hewan 24 Jam SukaMulya Bulldog & Shar-Pei Vini Vidi Vici Kennel - V3 Pomeranian Perkin Jawa Timur Promosi di AnjingKita.Com
 Komentar Terakhir »
Bandung Pitbull Community (Klub Komunitas APBT) siap ngadopsi
Parvo Virus Pada Anjing (Kesehatan Anjing) Re: Anjing kena scabies
Bawang Putih Untuk Mengobati Hot Spot Pada Anjing (Kesehatan Anjing) tanyA
Parvo Virus Pada Anjing (Kesehatan Anjing) Anjing kena scabies
Prosperity Chow Kennel (Kennel Anjing Chow Chow) chowchow
Von Tarzan Chow Kennel (Kennel Anjing Chow Chow) chowchow
Penyakit-Penyakit Pada Anjing (Kesehatan Anjing) Re: TOLONG BANTU, PENTING!!!
Hindari Pemberian Susu Berlaktosa (Kesehatan Anjing) tolong bantu jawab
Hindari Pemberian Susu Berlaktosa (Kesehatan Anjing) Hindari pemberian susu berlaktosa
Penyakit-Penyakit Pada Anjing (Kesehatan Anjing) TOLONG BANTU, PENTING!!!
Kupir Dan Prosesnya. (Artikel Anjing Untuk Pemula) Dimana membeli peralatannya
Obat Kutu, Jamur & Sakit Kulit Tradisional (Kesehatan Anjing) aman bila terjilat?
Adopsi, Adopsi dan Adopsi (Artikel Anjing Untuk Pemula) hibah anjing medan..
Cara Pemberian Obat Pada Anjing (Kesehatan Anjing) Re: Pendaftaran Nama Kennel
Cara Pemberian Obat Pada Anjing (Kesehatan Anjing) cara megurus duplikat stambum
Mengadopsi Anjing (Artikel Anjing Untuk Pemula) hibah anjing cihuahua jln 2 tahun
Penyakit-Penyakit Pada Anjing (Kesehatan Anjing) obatin guk2
Masalah Makan Pada Anjing (Perawatan & Pemeliharaan Anjing) doggy alergi makanan
Breeding, Untuk Pemula (Artikel Anjing Untuk Pemula) luka
Pejantan Corgi : Zephyr's Wrath of Cerberus  (Anjing Pembroke Welsh Corgi) Ganti Nomor
Sukamulya Bulldog (Kennel Anjing English Bulldog) Bulldog
Keracunan Coklat Pada Anjing (Kesehatan Anjing) portas di makan anjingku
Jual Anakan Siberian Husky (Anjing Siberian Husky) mau tanya harga nya berapa ya
Komunikasi Antara Anjing Dan Manusia (Artikel Anjing Untuk Pemula) bulu anjing rontok

 
Kembali ke atas
 
Membuat Pedigree - Top 10 - Polling - Kritik & Saran - Profil Pengunjung
Purina
 Developed by: DuaCe.Com Ketentuan Layanan 
AnjingKita.Com®
Nusa Loka, Jl. Kalimantan A2/11, BSD City Sektor XIV
Serpong, Tangerang - Banten
E-mail: info@anjingkita.com
 

 

 

 

10800