Iklan Anjing Dijual Berita Dunia Anjing Artikel Tentang Anjing Jadwal Pameran Anjing Jadwal Dog Gathering

Foto Anjing Jenis Anjing Ras Data Kennel Anjing Pejantan Organisasi & Komunitas Dr. Hewan/Klinik

Produk Untuk Anjing Jasa & Layanan Untuk Anjing Download Syarat Pemasangan Iklan
 Beranda Beranda  Profil  FAQ  Kontak Kami 
 Gabung bersama kami di Facebook  Gabung bersama kami di Twitter
Selasa, 25 Nopember 2014 -  (UTC+7)  
 
Semarang Dog Show 2014

 :: Layak Disimak ::

AnjingKita.Com
Beranda : Artikel Tentang Anjing : Kesehatan Anjing

01 Pebruari 2011 - 06:41  
Jenis-Jenis Cacing Yang menyerang Anjing       (2 Komentar)

Oleh Winny Zhang - AnjingKita.Com

Begitu banyak kasus cacingan pada anjing, dari kasus yang ringan hingga berat. Ada beberapa jenis cacing yang dapat menginfeksi anjing, yaitu cacing yang menginfeksi usus, dan cacing yang tidak menginfeksi usus. Berikut ini adalah tipe-tipe cacing dan cara penanganannya.

Cacing yang menginfeksi usus:

1. Cacing Gelang (Roundworms)

Cacing ini adalah cacing yang pada umumnya menginfeksi anjing anda. Mereka umumnya berukuran 2-4inch (5cm-10cm), berwarna kecoklatan atau putih dan berbentuk seperti “Spaghetti” dengan ujung yang meruncing.

Jika anjing anda terinfeksi dengan cacing gelang, anjing kemungkinan akan mengalami muntah, diare dan akan kelihatan sakit atau tidak sehat. Jika anjing anda terinfeksi berat, maka anjing anda dapat mengeluarkan seluruh cacing dalam kotorannya. Cacing ini dapat mengakibatkan usus tersumbat.

Kebanyakan anak-anak anjing dilahirkan dengan larva cacing gelang di dalam jaringan tubuh mereka. Cacing-cacing ini berpindah dari induk ke dalam rahim induk, dan kemudian ke janin anjing yang sedang berkembang. Cacing gelang juga dapat berpindah dari ASI indukan ke anak anjing yang sedang menyusui.

 

2. Cacing Pita

Segment cacing pita pada umumnya berukuran ¼  – ½ inch ( 0.6cm – 1.2cm). Ketika segmen cacing pita kering mereka akan tampak seperti butiran beras atau biji wijen.

Cacing pita hidup di dalam usus kecil anjing dan mencuri nutrisi dari makanan yang di konsumsi anjing.

Gejala cacing pita pada anjing adalah, rasa tidak nyaman di perut, cemas, gatal pada daerah anus, muntah dan kehilangan berat badan.

Satu-satunya cara anjing dapat terinfeksi oleh cacing pita dikarenakan memakan kutu yang telah terinfeksi cacing tersebut.

Ketika anjing anda memakan kutu, kutu itu dicerna, dan kutu itu mengeluarkan cacing pita yang kecil. Cacing pita itu kemudian menempelkan dirinya di dinding usus anjing yang terinfeksi. Awalnya, cacing itu hanya terdiri dari kepala, tenggorokan dan sebuah segment. Cacing tersebut kemudian menumbuhkan segment baru. Setiap segment memiliki sistem pencernaan dan reproduksi. Cacing tersebut memakan nutrisi yang terdapat dalam makanan anjing anda yang melewati usus. Akhirnya, cacing tersebut melepaskan segment yang sudah tua. Ketika kering, cacing itu terlihat seperti nasi atau biji wijen.

Setiap segment dari cacing tersebut memiliki ribuan telur cacing.

Cacing pita dapat tumbuh sepanjang 15 kaki (457 cm) dan cacing pita terpanjang yang pernah ditemukan memiliki panjang sekitar 60 kaki (1.828 cm; sekitar 18 meter lebih).

 

3. Cacing Tambang

Cacing tambang merupakan cacing parasit nematode yang hidup dalam usus kecil anjing. Mereka, seperti cacing tanah, mereka bilateral - yang berarti dapat dipotong menjadi dua dan cacing tersebut akan tetap berbentuk sama di setiap sisi.

Jenis cacing tambang menimbulkan gejala seperti kaki yang gatal, ruam pada kaki anjing, membuat anjing mengeluarkan suara (ngik-ngik) dan batuk, diare, kram perut, mual dan juga terdapatnya darah di kotoran atau kotoran yang bewarna hitam.

Anak anjing maupun anjing dewasa dapat menderita anemia (kekurangan darah) dan bahkan kematian ketika terinfeksi oleh cacing tambang. Cacing ini menginfeksi anjing anda melalui kulit dan kemudian dari kulit menuju paru-paru sehingga anjing anda batuk dan kemudian tertelan. Cacing tambang berbeda dengan parasit usus lainnya, mereka menghisap darah sebagai makanan mereka. Anak anjing sangat rentan terhadap infeksi cacing tambang dan bisa mati karena infeksi cacing tersebut.

Cacing tambang sulit terdiagnosa karena mereka tidak kelihatan dalam kotoran anjing. Dalam kasus tertentu mereka hanya bisa didiagnosa melalu uji kotoran yang di lakukan oleh dokter hewan.

Separah apakah cacing tambang menginfeksi anjing anda, tergantung pada kesehatan anjing anda dan usianya.

4. Cacing Pipih/ cacing cambuk

Sama seperti cacing tambang, cacing pipih menanamkan kepala mereka dan menghisap darah anjing. Mereka tinggal di sekum, bagian pertama dari usus besar anjing. Cacing ini mendapatkan nama mereka dari bentuk mereka yang pipih seperti cambuk.

Reaksi anjing terhadap cacing pipih pada umumnya relative ringan, meskipun terkadang terdapat pengecualian. Infeksi yang berat dapat terjadi dengan adanya diare dan dalam kotoran terdapat darah segar. Anjing muda atau anjing dengan infeksi kronis dapat kehilangan berat badan, dehidrasi dikarenakan diare dan anemia.

Anjing yang terinfeksi cacing cambuk pada umumnya mengkonsumsi telur cacing sehingga terinfeksi.

Cacing cambuk dapat mengarah menuju infeksi yang parah, yang menyebabkan diare, kehilangan berat badan dan kekurangan darah. Cacing ini kuat, dan dapat bertahan di tanah terbuka selama bertahun-tahun.

Jika anjing menunjukan gejala penurunan berat badan yang kronis dan kotorannya seperti ditutupi oleh lendir, kemungkinan anjing terinfeksi cacing pipih dan memerlukan penanganan untuk cacing tersebut.

Biasanya sulit untuk membuktikan bahwa anjing terinfeksi oleh cacing pipih karena mereka memproduksi sedikit telur. Meskipun, anda melihat kotoran anjing beberapa kali, anda tidak akan melihat adanya cacing pipih tersebut.

Ada kemungkinan besar anjing dapat teri-infeksi ulang, pada kasus ini pengulangan obat cacing mungkin diperlukan.

Cacing pipih jarang menyebabkan kematian, tapi mereka merupakan gangguan nyata pada anjing.

5. Cacing Jantung

Cacing jantung sangat berbahaya karena mereka dapat membunuh anjing anda. Sebagai tambahan informasi, cacing tersebut dapat hidup selama sembilan bulan sejak anjing anda terinfeksi hingga cacing jantung tersebut menjadi dewasa dan mengancam nyawa anjing anda.

Sayangnya, anjing hanya akan menunjukkan gejala terinfeksi cacing jantung setelah cacing jantung menjadi dewasa dan berada di dalam jantung dan paru-paru anjing. Gejala yang ditimbulkan cacing jantung pada stadium ini adalah bulu yang kusam, kehilangan berat badan, kesulitan bernafas, pingsan dan perut yang membesar. Akhirnya, anjing akan menderita gagal jantung.

Satu-satunya cara anjing dapat terinfeksi dengan cacing jantung adalah jika anjing digigit oleh nyamuk malaria yang telah menghisap darah anjing yang telah terinfeksi cacing jantung. Ketika nyamuk malaria menghisap darah dari anjing yang terinfeksi, nyamuk juga menghisap makhluk hidup mikroskopik yang disebut microfilaria. Ketika nyamuk menghisap darah anjing anda, microfilaria ini tertanam didalam kulit. 60 hingga 90 hari kemudian, microfilaria ini akan masuk kedalam arteri anjing, dan diangkut ke hati anjing. Mikrofilaria ini akan berkembang menjadi cacing jantung, dan jika tidak dirawat, makan akan menyumbat jantung dan paru-paru sehingga menyebabkan kematian.

Satu-satunya cara agar cacing jantung dapat terdeteksi adalah dengan uji darah yang dilakukan oleh dokter hewan. Jika anda tinggal di dalam lingkungan hangat, basah seperti di pegunungan atau hutan, atau area dimana terdapat banyak nyamuk malaria, anda harus meminta dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan darah sebagai rutinitas atau pemeriksaan rutin. Dengan cara ini, jika anjing terinfeksi dengan cacing jantung, dokter hewan dapat memberikan pengobatan sebelum terlambat.

Anjing yang terinfeksi oleh cacing jantung dewasa masih dapat diselamatkan melalui beberapa seri injeksi yang di berikan oleh dokter hewan sebanyak dua kali untuk dua hari.

Cacing yang tidak menginfeksi usus:

Ringworms

Ringworms bukan merupakan parasit usus (tidak menginfeksi usus), tetapi infeksi jamur yang menyerang pada kulit dan mempengaruhi penampilan anjing termasuk juga kesehatannya.

Satu tanda yang jelas dari ringworm adalah hilangnya bulu pada area tertentu pada anjing anda, area ini juga akan terdapat pustule dan bersisik. Anjing akan menggaruk karena rasa gatal yang diakibatkan oleh ringworm. Apabila tidak diobati, rontokan bulu akan membesar seiring waktu. Kepala, kaki dan ekor anjing merupakan tempat utama tumbuhnya kurap atau ringworm.

Jika anjing anda terinfeksi oleh ringworm, pada umumnya terinfeksi dari area sekitar kandang, atau dari tempat yang telah terinfeksi ringworm.

Jika anda merasa anjing anda terjangkit ringworm, bawalah ke dokter hewan, karena dia dapat mendiagnosa Penyakit dan menyarankan anda untuk memberi obat anti jamur atau pengobatan topical untuk menghilangkan gangguan ini.

Pencegahan

Cara terbaik untuk mencegah anjing anda dari jenis cacing manapun adalah membawa anjing anda untuk pemeriksaan rutin. Ketika disana, anda dapat menanyakan dokter hewan untuk merekomendasi banyak produk pencegahan. Produk paling baru dapat mencegah anjing anda dari cacing hati, cacing gelang, cacing pipih/cacing cambuk dan bahkan kutu.

Pastikan anjing anda terbebas dari kutu, karena hanya dari kutu anjing dapat terinfeksi oleh cacing pita.

Usahakanlah untuk tidak memaparkan anjing anda kepada hewan liar lain, karena mereka pada umumnya terinfeksi oleh kutu dan parasit lainnya. Sebuah ide yang bagus untuk melindungi anjing anda dari anjing pekarangan yang tidak di jaga dengan baik, karena dapat menjadi sumber parasit.

Jagalah anjing anda untuk tidak memakan bangkai hewan, seperti burung, tikus, dan juga kelinci. Pada bangkai terdapat anak cacing hingga cacing dewasa setelah anjing memakannya.

Jangan biarkan anjing memakan kotoran, baik kotoran sendiri maupun kotoran dari anjing dan hewan lain.

Periksalah anus anjing dan kotoran mereka secara berkala dan lihatlah apakah ada tanda-tanda cacing pita. Seperti yang di jelaskan diatas, cacing pita memiliki segmen yang kecil, lebar dan datar dan berbentuk menyerupai butiran nasi.
Terakhir, mintalah dokter hewan untuk mengecek sampel kotoran anjing ketika melakukan pemeriksaan rutin.

Disadur dari  http://www.wormsindogs.org

Sumber foto: http://www.love-your-dog-food.com/dog-worms.html

 

Seluruh material (artikel/berita teks dan foto) yang terdapat dalam situs AnjingKita.Com (http://www.anjingkita.com) bebas dimanfaatkan oleh individual untuk keperluan referensi dan non-komersial.

Bagi siapa saja yang bermaksud memanfaatkan material (artikel/berita teks dan foto) AnjingKita.Com dengan cara memproduksi ulang, mengutip/menyadur, memperbanyak atau menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan material (artikel/berita teks dan foto) yang tercantum di dalam situs AnjingKita.Com, diharuskan mengajukan permohonan via email dan wajib mencantumkan tulisan "Sumber : www.anjingkita.com".

 

Berita Dunia Anjing | Artikel Tentang Anjing | Data Kennel | Anjing Pejantan | Jenis Anjing Ras | Organisasi
Produk Untuk Anjing | Jadwal Pameran Anjing | Jadwal Dog Gathering | Berita Anjing Hilang | Foto Anjing

Pasang Iklan Anjing GRATIS: AnjingDijual.NET

 


 Kirim ke teman Versi cetak Beri Penilaian Komentar
Komentar:
*) Nama Anda:
E-mail Anda:
*) Subyek:
*) Komentar:
1000 Karakter Maksimum

*) Wajib diisi!
Penilaian Saya:

Sebelumnya:

Transmissible Venereal Tumor (TVT)
Kegagalan Vaksinasi
Splenomegali (Pembengkakan Limpa) dan Penanganannya
Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Persendian
Pyometra, Penyakit Infeksi Rahim Pada Anjing

Selanjutnya:

Skin Dermatitis
Gejala Diabetes Pada Anjing
Hypothyroidism Pada Anjing & Kucing
Infeksi Pada Rahim Anjing dan Pyometra
Pengobatan Lumpuh pada Anjing dan Kucing
 
 :: Iklan Premium ::
For Sale 3 Puppies Siberian Husky Good Quality
For Sale 3 Puppies Siberian Husky Good Quality
Jual Anakan Herder Show Quality
Jual Anakan Herder Show Quality
Jual Kandang Stainless & Semi Stainless & Pagar Midwest Imp
Jual Kandang Stainless & Semi Stainless & Pagar Midwest Imp
For Sale Super Duper Mini Pom
For Sale Super Duper Mini Pom
Dijual 1 Anakan French Bulldog Betina Kualitas Istimewa
Dijual 1 Anakan French Bulldog Betina Kualitas Istimewa
Dijual Puppy Super Red Toy Poodle
Dijual Puppy Super Red Toy Poodle
Golden Pupppies Stamboom Good Quality
Golden Pupppies Stamboom Good Quality
Pejantan GSD Working Line Import Ceko : Iziasch Vikar IPO3
Pejantan GSD Working Line Import Ceko : Iziasch Vikar IPO3
Dijual 3 Ekor Siberian Husky
Dijual 3 Ekor Siberian Husky
Alaskan Malamute Puppies Bloodline Eropa & Show Prospect
Alaskan Malamute Puppies Bloodline Eropa & Show Prospect
For Sale Super Mini Pomeranian
For Sale Super Mini Pomeranian
Jual 2 Anakan Sheltie
Jual 2 Anakan Sheltie
Good Quality Toy Poodle Puppies
Good Quality Toy Poodle Puppies
Siberian Husky Good Quality For Sale
Siberian Husky Good Quality For Sale
Puppia Soft Dog Harness
Puppia Soft Dog Harness
Jual 2 Ekor Yorkshire Jantan
Jual 2 Ekor Yorkshire Jantan
Dijual 2 Anakan Herder Top
Dijual 2 Anakan Herder Top
Dijual Puppy American Bully
Dijual Puppy American Bully
Dijual 4 Ekor French Bulldog Puppy
Dijual 4 Ekor French Bulldog Puppy
Dijual 2 Pomeranian Betina
Dijual 2 Pomeranian Betina
Jual Husky Betina Good Quality
Jual Husky Betina Good Quality
Dijual Belgian Blackheads Eureka
Dijual Belgian Blackheads Eureka
Jual Belgian Malinois (Blacknecks A Gipsy)
Jual Belgian Malinois (Blacknecks A Gipsy)
Jual Herder Jantan (Asko)
Jual Herder Jantan (Asko)
Dijual Belgian Malinois Jantan (Iboy)
Dijual Belgian Malinois Jantan (Iboy)
Dijual Belgian Malinois (Japan)
Dijual Belgian Malinois (Japan)
Dijual Belgian Malinois (Queen)
Dijual Belgian Malinois (Queen)
Dijual Belgian Malinois (Sky)
Dijual Belgian Malinois (Sky)
Dijual Cepat 3 Ekor Anak Papillon
Dijual Cepat 3 Ekor Anak Papillon
Jual 2 Labrador Puppies Good Quality
Jual 2 Labrador Puppies Good Quality
Jual Herder Betina Dan Jantan
Jual Herder Betina Dan Jantan
Jual Herder Betina Berkualitas
Jual Herder Betina Berkualitas
Dijual 1 Ekor American Bully Jantan Istimewa
Dijual 1 Ekor American Bully Jantan Istimewa
Shiba Inu Puppies Show Quality
Shiba Inu Puppies Show Quality
Dijual 1 Ekor Anjing Herder Betina Top
Dijual 1 Ekor Anjing Herder Betina Top
Dijual 5 Ekor Anakan Miniature Schnauzer
Dijual 5 Ekor Anakan Miniature Schnauzer
Dijual Puppy Chow - Chow
Dijual Puppy Chow - Chow
Penitipan Anjing Eksklusif (Golden Sport's Dog Hotel Plus)
Penitipan Anjing Eksklusif (Golden Sport's Dog Hotel Plus)
Puppies Apbt Super Quality Dan Limited Edition
Puppies Apbt Super Quality Dan Limited Edition
Jual 5 Ekor Anjing American Cooker Spaniel
Jual 5 Ekor Anjing American Cooker Spaniel
Dijual Anakan Herder Jantan Show Quality
Dijual Anakan Herder Jantan Show Quality
Dijual Pejantan Labrador Import Eropa
Dijual Pejantan Labrador Import Eropa
Dijual 5 Puppies Pug Good Quality
Dijual 5 Puppies Pug Good Quality
Dijual 3 Beautiful Puppy Siberian Husky
Dijual 3 Beautiful Puppy Siberian Husky
 
 :: Kategori Baru di Galeri Foto ::
Klik untuk perbesar
*Candid* The Jakarta Dog Show 2014 - November (240)
PERKIN Jaya Present “The Jakarta Dog Show 2014” ; Ecovention, Ocean EcoPark - Ancol. All images copyrighted to VRDnal Photography.
Klik untuk perbesar
Golden Retriever Centre JUMP 'n HUNT #2 (61)
Foto oleh d.o.f photo jogja www.dofphotojogja.com http://dofphotojogja.tumblr.com http://wedding-dofphotojogja.tumblr.com http://www.facebook.com/our.dofphotojogja twitter & instagram: @dofphotojogja PIN: 2877DA1C WA/ SMS: 085927441505
Klik untuk perbesar
The Winner @PERKIN Jabar Dogshow 2014 (132)
Ciater Highland Resort, 18-19 Oktober 2014. Photo sponsored by : Pinkrosekennel.com. All images copyrighted to VRDnal Photography.
Sylphid Kennel - Papillon Specialist Queen Bless Selection
 
Purina, fuel the champion within
 
Fourty One Golden Retriever Kennel Joe Hauze
 
Meradog, Fortan, Schweikert Dockermann, a dobermann kennel
 
Von Master Rottweiler Quality Beagle, Beagle Quality
 
Zamosky BJ House Pomeranian
 
Gold Legend Kennel Pink Rose Kennel
 
Java Bulls Adakirik - Pure Breed Alaskan Malamute
 
Rumah Terraria Bavernhof - Schutzhund / IPO & Family Protection Dog
 
Excellent Star Pom Kandang Aluminium untuk peliharaan Anda
 
Golden Heaven Kennel RX Professional Grooming
 
Simply Gallery Majesty's Shihtzu
 
Indonesia Pet Treasure Nebula
 
Maranatha Kennel Happy Pets
 
Klub Rottweiler Indonesia Piet Klinik, Klinik Hewan 24 Jam
 
SukaMulya Bulldog & Shar-Pei Vini Vidi Vici Kennel - V3 Pomeranian
 
Perkin Jawa Timur Promosi di AnjingKita.Com
 

 Komentar Terakhir »
Parvo Virus Pada Anjing (Kesehatan Anjing) Anjing kena scabies
Prosperity Chow Kennel (Kennel Anjing Chow Chow) chowchow
Von Tarzan Chow Kennel (Kennel Anjing Chow Chow) chowchow
Penyakit-Penyakit Pada Anjing (Kesehatan Anjing) Re: TOLONG BANTU, PENTING!!!
Hindari Pemberian Susu Berlaktosa (Kesehatan Anjing) tolong bantu jawab
Hindari Pemberian Susu Berlaktosa (Kesehatan Anjing) Hindari pemberian susu berlaktosa
Penyakit-Penyakit Pada Anjing (Kesehatan Anjing) TOLONG BANTU, PENTING!!!
Kupir Dan Prosesnya. (Artikel Anjing Untuk Pemula) Dimana membeli peralatannya
Obat Kutu, Jamur & Sakit Kulit Tradisional (Kesehatan Anjing) aman bila terjilat?
Adopsi, Adopsi dan Adopsi (Artikel Anjing Untuk Pemula) hibah anjing medan..
Cara Pemberian Obat Pada Anjing (Kesehatan Anjing) Re: Pendaftaran Nama Kennel
Cara Pemberian Obat Pada Anjing (Kesehatan Anjing) cara megurus duplikat stambum
Mengadopsi Anjing (Artikel Anjing Untuk Pemula) hibah anjing cihuahua jln 2 tahun
Penyakit-Penyakit Pada Anjing (Kesehatan Anjing) obatin guk2
Masalah Makan Pada Anjing (Perawatan & Pemeliharaan Anjing) doggy alergi makanan
Breeding, Untuk Pemula (Artikel Anjing Untuk Pemula) luka
Pejantan Corgi : Zephyr's Wrath of Cerberus  (Anjing Pembroke Welsh Corgi) Ganti Nomor
Sukamulya Bulldog (Kennel Anjing English Bulldog) Bulldog
Keracunan Coklat Pada Anjing (Kesehatan Anjing) portas di makan anjingku
Jual Anakan Siberian Husky (Anjing Siberian Husky) mau tanya harga nya berapa ya
Komunikasi Antara Anjing Dan Manusia (Artikel Anjing Untuk Pemula) bulu anjing rontok
Papillon Pit Bull Club (Klub Komunitas APBT) Daftar Anggota
Anjing Dalmatian (Jenis Anjing Ras) Re: Sifat Buruk
Penyakit-Penyakit Pada Anjing (Kesehatan Anjing) please help...

 
Kembali ke atas
 
Membuat Pedigree - Top 10 - Polling - Kritik & Saran - Profil Pengunjung
Purina
 Developed by: DuaCe.Com Ketentuan Layanan 
AnjingKita.Com®
Nusa Loka, Jl. Kalimantan A2/11, BSD City Sektor XIV
Serpong, Tangerang - Banten
E-mail: info@anjingkita.com