Iklan Anjing Dijual Berita Dunia Anjing Artikel Tentang Anjing Jadwal Pameran Anjing Jadwal Dog Gathering

Foto Anjing Jenis Anjing Ras Data Kennel Anjing Pejantan Organisasi & Komunitas Dr. Hewan/Klinik

Produk Untuk Anjing Jasa & Layanan Untuk Anjing Download Syarat Pemasangan Iklan
 Beranda Beranda  Profil  FAQ  Kontak Kami 
 Gabung bersama kami di Facebook  Gabung bersama kami di Twitter
Jumat, 31 Oktober 2014 -  (UTC+7)  
 
Ribuan Foto Pameran Anjing Perkin Jabar

 :: Layak Disimak ::

 :: Komentar ::

17 Mei 2005 - 11:20  
Fatwa Hukum Tentang Anjing     Fatwa Hukum Tentang Anjing   (51 Komentar)


Oleh Rachmatdi Hatmosrojo, SH (Chambaraya DTC)

I. Penggunaan Anjing a. Anjing yang telah dilatih / dididik untuk digunakan atau ... selengkapnya

 

Tambah Komentar

  • kalau buat ternak ? - Muslim - 17 Mei 2005 - 13:04

    Pak Rachmat, sebagai seorang muslim saya mau tanya kalau saya pelihara anjing untuk diternak lalu dijual apakah itu haram hukumnya? soalnya, selama ini saya hidup dari menternakan anjing ras dan jual beli.

    • Re: kalau buat ternak ? - teman gua - 20 Mei 2005 - 15:09

      hihi lucu. pelatih doggie gua muslim juga :D. gua punya staff punya anjing 9 ekor. dia bilang kalo dijilat cuci aja. beres

  • Ah Gak Najis Kok - Budi Lationo - 19 Mei 2005 - 08:55

    Yth. Mas Rakhmatdi

    Assalamu alaikum warokhmatullohi wabarokatuh,

    Saya orang muslim yang fundamentalist, jadi gak punya mazhab, mazhab saya cuman qur'an dan hadist. Saya gak pernah ketemu penjelasan di dalam qur'an maupun hadist bahwa air liur anjing itu najis, gak ada itu orang jahiliyah saja yang bilang. Kalo kita kena air liur anjing itu harus dicuci 7 kali sekalinya pake debu, emang betul. Lagi pula dulu sabun gak ada toh !, vaksinasi ga ada toh ! , dogfood juga gak ada toh !. Sekarang ya cuci aja pake sabun. Jangan sungkan pelihara anjing deh, wong askabul kahfi juga pelihara, nabi Musa AS punya thurfa dan kholaf, tapi yang penting bersih, kebersihan sebagian dari iman. wassalammualaikum, wr. wbt

    • Re: Ah Gak Najis Kok - kodok ijo - 19 Mei 2005 - 13:18

      betull... hehehehe gue muslim anjing gue ada 6 ekor


      salam

  • tanya fatwa hukum ajg - mayahercus - 20 Mei 2005 - 20:41

    Pak Rachmatdi, apa kabar..mo nanya nih.. kalo misalnya digigit anjing sampe berdarah - darah gitu hukum fatwanya gimana..sampe dijahit gitu..?
    Trus kalo dokter hewan yang orang muslim agimana juga hukum fatwanya...apa yg harus dilakukan misalnya pasien punya pet Babi..? boleh gak bantuin nyembuhin..?trima kasih.

  • Usia Melahirkan - ina - 15 Mei 2007 - 11:23

    Pak Bobby S.
    Mohon informasinya atau tulisan mengenai usia melahirkan yang aman dan baek untuk anjing kecil (TOY) khususnya jenis Dacshund. Trims.

    • Re: Usia Melahirkan - Bobby Sant - 15 Mei 2007 - 11:28

      Sudah, tinggal baca di http://anjingkita.com/wmview.php?ArtID=434

  • Fatwa Hukum Tentang Anjing - Devi Diantoro - 25 September 2007 - 09:39

    Asalamualaikum Wr Wb, Sesungguhnya banyak orang-orang awam di luar sana, sekarang percaya saja pada keyakinan kita.

  • fatwa tentang anjing - wim - 09 Maret 2008 - 19:53

    Saya mau memelihara golden retriever, jadi hukumnya apa yaa? dan kalau mau beli di mana? Tx

  • ow - lalala - 23 Agustus 2008 - 09:20

    wah meskipun anjing hanya boleh dipelihara u/ memburu dan jaga rumah aja, jgn lupa untuk memberikan kasih sayang ke mereka jg.

  • bagaimana dengan profesi sebagai dokter hewan?? - bonz - 03 Nopember 2008 - 11:32

    saya adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan di Yogyakarta
    sampai saat ini saya merasa bimbang ketika harus bersentuhan dengan anjing, padahal menurut profesi saya sendiri,,sudah pasti saya harus siap selalu untuk memegang anjing,,

    bagaimana hukum najisnya???

    • Re: bagaimana dengan profesi sebagai dokter hewan?? - melanie - 03 Nopember 2008 - 19:21

      mungkin anda harus pertimbangkan ulang untuk menjadikan dokter hewan sebagai profesi anda jika anda merasa najis dengan yang namanya anjing.

      mungkin anda perlu ikut DOG RUN community yang diadakan setiap hari minggu ke 2 setiap bulannya jika anda mau bersentuhan langsung dengan pemilik anjing yang KEMUNGKINAN akan menjadi calon klien anda.

      Mungkin anda harus sering berkonsultasi dengan dosen anda, drh. Setyo Budhi, M.P. karena beliau adalah seorang Muslim yang taat dan juga berprofesi sebagai dokter hewan yang profesional.

      Mungkin anda perlu lebih sering bergaul dengan senior2 anda yang juga muslimin/muslimah. karena banyak senior anda yang saya kenal, walaupun sedang memakai jilbab tapi mereka amat profesional.

      Yang saya tahu juga, salah satu dokter hewan terkenal di Semarang juga memakai jilbab.

      THX

    • Re: bagaimana dengan profesi sebagai dokter hewan?? - darryl - 04 Nopember 2008 - 00:12

      dijakarta ini juga banyak dokter hewan yg muslim , tapi mereka santai santai saja memegang anjing , bahkan para peternak anjing yg merawat anjingnya orang orang muslim, dan mereka dng sayangnya merawat anjing tersebut. jg bila anjing tersebut tdk mau makan sampai dicekoki berarti memasukan tangannya kedlm mulutnya.dan mereka tetap sembayang 5 waktu dng baik. saya pernah bertanya mengenai najis , mereka hanya menjawab . ah itukan zaman dulu hrs dicuci 7 X dan debu , kan zaman sd modern. jadi bisa dicuci dng sabun sd bersih .kalau dicuci dng debu malah kotor bukannya jd bersih..unt yg bukan muslim pun jg demikian kalau lg bersih dijilat atau habis pegang anjing jg kita cuci tangan.sy rasa sama sj.cuma menurut sy banyak orang salah menyimpulkannya.

    • Re: bagaimana dengan profesi sebagai dokter hewan?? - siswo - 04 Nopember 2008 - 15:35

      najis... bukan haram...
      najis itu kotor. jadi bisa "disucikan" dengan dicuci, apapun caranya. intinya adalah dibersihkan kembali setelah terkena material yang najis. Apakah air liur kuda tidak najis? Bagaimana dengan kotoran burung? Apakah lebih najis dari kotoran manusia? Sama saja, semuanya kotor dan berpotensi membawa penyakit.

      Profesi dokter itu mulia. Mereka bersedia bersentuhan dengan yang kotor2, demi menyehatkan pasiennya. Bahkan para dokter bedah dan dokter kandunganpun boleh melihat dan memegang organ tubuh tertentu milik pasien yang berbeda jenis kelamin. Bukan "muhrim"nya looh!

      Dokter hewanpun demikian... Mereka menyejahterakan manusia melalui kesehatan hewan ("manusya mriga satwa sewaka", katanya). Pasiennya ada kucing, anjing, kambing, babi, dll...

      Profesi adalah pilihan... Kenapa ragu dengan pilihan sendiri? Pada saatnya nanti (setelah jadi dokter hewan) Anda akan sering dihadapkan pada situasi di mana Anda harus memilih dan mengambil tindakan.

    • Bagaimana pedoman memilih jurusan dalam ilmu kedokteran hewan??? - Theresia Margaret Situmorang - 06 Maret 2009 - 14:49

      Baru lulus dari sekolah.
      sebenarnya ingin mengambil jurusan kedokteran hewan,tetapi bingung harus mengambil spesialisasi yang mana??
      apa perbedaan tiap spesilisasi? dan bagaimanakah prospeknya dimasa yang akan datang???

      • Re: Bagaimana pedoman memilih jurusan dalam ilmu kedokteran hewan??? - darryl - 06 Maret 2009 - 22:55

        mendingan jd dokter orang sj ,jd dokter hewan anda hrs praktek di anjing sendiri dulu sekian tahun ,dng menghadapi berbagai penyakit dan obat yg digunakan adalah sembuh, bukan mematikan hewan yg anda obati .semua ini agar tdk mengecewakan pemelihara hewan yg dtg berobat.pd anda.mendingan jg dokter orang krn si pasien pasti mengatakan yg dirasakannya. kl hewan ditanya diam sj. masih mending org bisu ditanya masih nunjuk 2 yg sakitnya.

  • Sayangi Anjing - rasyid - 02 Januari 2009 - 11:11

    wah... saya juga seorang muslim, tapi saya juga memelihara anjing. pandangan saya anjing itu ciptaan Tuhan, kenapa kita yg manusia bilang itu najis. kalau habis main, bersihkan saja dngn sabun. kita berpikir dengan logika dan realistis saja deh... itu kan makhluk hidup, sayangi mereka dan rawat dengan baik. terlebih lagi mereka adalah hewan dengan intelegensi. pun mereka sangat setia dengan tuannya... manusia saja sering lebih jahat daripada binatang... ini yg kadang membuat bingung dgn agama saya, berbuat baik dgn makhluk Tuhan dilarang, tetapi poligami diperbolehkan... sangat ironis...

    • Re: Sayangi Anjing - nino - 02 Januari 2009 - 20:22

      saya juga bingung,padahal semua makhluk hidup punya air liur,knp hanya anjing yang dinajiskan.hewan paling setia adalah anjing,lebih setia dari orang.poligami juga berbuat baik dgn makhluk tuhan tapi ingat,janda tua yg ditinggal suaminya berperang,bukan dengan janda muda!!hehehehe...

    • Re: Sayangi Anjing - darryl - 03 Januari 2009 - 01:08

      ha ha ha ,aneh jg ya ,memang kl bicara soal agama tdk ada habisnya ,sekarang yg terpenting tergantung daripola pikir orangnya masing 2.kalau bicara najis mereka yg berfiran kolot bingung cari tanahnya.tp dizaman sekarang ini sd ada yg lebih bersih (pakai sabun) sebanarnya tdk bicara soal muslim atau bukan muslim ,yg non muslim pun kalau habis bermain dng anjing pasti juga hrs cuci tangan supaya bersih kembali.zaman dulu belum ada vaccine rabies sekarang kan sd ada kenapa ditakutkan ?

    • Re: Sayangi Anjing - sofian - 01 April 2010 - 22:06

      orang kafir enggak akan senang sebelum kita ikut dengan mereka, kalaupun kita tidak ikut gimana pola fikir kita sama seperti mereka...kamu renungkan lah
      allah telah ciptakan yang baik dan yang buruk, yang boleh dan yang tidak boleh, gunanya manusia yaitu untuk berfikir tentang apa yang telah Allah ciptakan...

  • tanggapan - wulan - 10 Maret 2009 - 13:47

    saya lebih setuju, bahwa muslim boleh memelihara anjing untuk keselamatan. yang penting tetap menjaga hukum2 yg berlaku. sebab lebih mulia muslim yg memelihara anjing daripada yg bersifat seperti anjing.

    • Re: tanggapan - rendy - 10 Maret 2009 - 15:28

      setuju!!!!!!! 1000 buat wulan.

    • Re: tanggapan - darryl - 10 Maret 2009 - 22:35

      sy kebetulan berkunjung ketempat teman dibandung,ternyata banyak ibu ibu berkerudung gendong 2 anjing *su keluar dari salon hewan dan menciumi anjingnya.mungkin unt muslim yg sd modern tdk memikirkan najisnya.tp sebaliknya unt yg dipinggiran mereka tdk mengerti yg sebenarnya sehingga anjing dianggap hewan yg menyebabkan musibah unt mereka.sedangkan ia sendiri susah baca bahasanya apa lg unt mengerti.kata katanya terjemahannya.

    • Re: tanggapan - Irwan - 11 Maret 2009 - 07:07

      gw ga setuju, emangnya sifat anjing seperti apa?anjing itu sifatnya baik dan bahkan lebih baik dari pada orang krn dia tidak bohong dan tidak jahat.jadi sebaiknya hati2 berumpama atau berucap, bisa bisa anjing tersinggung sifatnya disamain sama manusia, sifat anjing itu tidak jelek seperti sifat manusia

  • ttg fatwa - hanief - 23 Juni 2009 - 10:50

    saya seorang muslim dan memiliki dua ekor anjing siberian husky..menurut saya jauh lebih baik kita memelihara dan memberi kasih sayang kepada makhluk Tuhan daripada kita menelantarkan nya,menyiksanya,atau membuangnya....di Islam prbuatan baik walopun kita baru berniat itu sudah mendapat pahala...dan perbuatan jahat walopun kita baru brniat itu sudah mndapat dosa..saya hanya menganggap diri saya berniat untuk berbuat kebaikan terhadap kehidupan anjing tsb...tp kembali lagi..semua org punya pendapat dan keyakinan yg berbeda2 pula....daripada saya melakukan kegiatan negatif yg merugikan banyak orang ataupun saya sndiri...lbh baik saya mencurahkan prhatian saya kepada anjing2 saya...

    • Re: ttg fatwa - montani - 24 Juni 2009 - 10:06

      Gua setuju banget sama hanief

    • Re: ttg fatwa - star - 24 Juni 2009 - 18:15

      percayalah dan yakin pada hati bpk. stiap hal yg positif akan menghasilkan positf jg. apalagi dengan dasar kasih sayang

  • Anjing Najis?? - qnoy - 09 September 2009 - 14:26

    Bagi tmn2 muslim pecinta anjing yg tkt piara anjing krn najis...slm ni sy b'ush cr tau ttg anjing dlm alquran maupun hadist..hslnya, tidak ada yg scr terang2an mngtkan anjing itu najis. Dan yg sy ktahui perihal kenapa anjing dikatakan najis itu merupakan pendapat para ulama stlh mempertimbangkan perintah Nabi SAW yg memperlakukan anjing scr 'spesial' misalnya harus mencuci 7x slh satunya dgn debu. sy tdk stuju jika anjing dkatakan najis krn sy sndiri pny 2 ekor anjing yg sgt stia...tp sy jg tdk stuju jika tmn2 muslim kmudian mremehkn Islam dgn mngatakn bhw sabun saja cukup,debu hny menambah kotor. ketahuilah bhw hsl pnelitian trbaru d Jepang n Jerman mnyatakan bhwa liur anjng sarat dengn pnyakit yg dpt menular pd manusia mskp anjing itu SEHAT..dan k2 pnelitian trsbt mnytkn bhwa bakteri pnyakit tidak hlg oleh SABUN ttapi stlh diuji dgn DEBU, bakteri itu larut bersama DEBU...jd jgn prnh mremehkn ajaran ISLAM. apalgi mjdikan mudharat bgi diri kita sndiri....

    • Re: Anjing Najis?? - Patriot - 09 September 2009 - 14:42

      Setuju dengan qnoy, tapi ada satu hal yang perlu diluruskan tentang bakteri dalam air liur anjing. Bisa tolong ditunjukan penelitian yg di jepang dan di jerman yg menyatakan air liur anjing sehat terdapat bakteri yg dapat menularkan penyakit ke manusia dan tolong dijelaskan penyakit apa saja?.

      Anjing merupakan hewan peliharaan pertama manusia, artinya anjing sudah ribuan tahun dipelihara oleh manusia dan sampai saat ini hanya anjing rabies saja yang menularkan penyakit melalui air liurnya. Anjing rabies tidak bisa dikatakan sehat.

      Selama ini tidak ada berita yg memberitakan manusia sakit karena dijilat anjing sehat. Kalau dijilat anjing liar yang gak tau kesehatannya mungkin ada seperti cacingan.

      • Re: Re: Anjing Najis?? - qnoy - 09 September 2009 - 15:04

        Menurut penilitian Fakultas Kedokteran universitas Showa-Jepang, menjelaskan, bahwa air liur anjing mengandung 50x lipat lebih banyak bakteri daripada air liur binatang yang lain, dan bukan hanya akan menularkan penyakit rabies saja, tetapi Tipus, Hepatitis, Pes, bahkan Kolera. Beberapa spesies bakteri yang terdapat pada air liur anjing TIDAK dapat dihilangkan dari bagian tubuh manusia yang terjilat jika hanya dicuci dengan air, tetapi bakteri tersebut ikut larut jika dibersihkan dengan tanah.

        Persatuan Dokter Ahli Kesehatan Anak Jerman di Munich, mengumumkan kembali bahaya saliva atau air liur anjing. Dikatakan air liur itu mengandung berbagai jenis bakteri yang dapat menimbulkan berbagai penyakit pula karena dapat masuk ke dalam tubuh.

        So..be wise with our lovely dog... ;)

        • Re: Re: Re: Anjing Najis?? - Patriot - 09 September 2009 - 15:35

          Air liur anjing yang mengandung bakteri penular penyakit Tipus, Hepatitis, Pes, bahkan Kolera apa bisa dikatakan sebagai anjing sehat?.

          Nah yg di Munich, apa bisa dijelaskan penyakitnya apa saja?

          Bukan menyalahkan qnoy, tapi saya rasa anda mendapat informasi sepotong-potong.

          Di ludah terdapat bakteri pengurai, makanya makanan yg terkena ludah akan lebih mudah basi/membusuk. Bakteri ini termasuk aman bagi mahluk hidup kecuali air liur komodo yg bakterinya terbukti dapat membunuh mahluk hidup dalam waktu yg sangat cepat.

          Air liur anjing sehat, sehat bukan sakit aman bagi manusia dan anak2. Kalau benar air liur anjing sehat dapat membuat manusia sakit maka anjing tidak akan mendapat julukan sebagai men's best friend.

          So, nurutku air liur anjing sehat adalah aman bagi manusia. Kalau kaum Muslim mensyaratkan tidak boleh dijilat anjing dan mencuci dengan tanah, itu hak asasi mereka dan harus kita hormati ;-)

        • Re: Re: Re: Anjing Najis?? - Rina - 09 September 2009 - 15:42

          Tapi pada kenyataannya kami memelihara anjing dari saya kecil sampai saat ini sy telah berkeluarga+ anak 3 belum pernah satupun dari anggota keluarga kami terkena penyakit dari anjing, dan kami bergaul erat, dan secara umum anjing tdk mudah menularkan penyakit bahkan sampai saat ini sy belum pernah teman/sdr yang terkena penyakit krn anjing.... kucing, burung jauh lebih mudah krn adik saya sendiri sekarang pengidap kuman tokso

          • Re: Re: Re: Re: Anjing Najis?? - ochas - 09 September 2009 - 19:59

            Jangan terlalu melebih-lebihkan, jangan terbuai dengan hasil penelitian, karena kita tidak tahu apa tujuan dari penelitian itu, berkompeten kah penelitinya?dan bisa di pertanggung jawab kan kah hasil penelitiannya?semua balik lagi, toh selama ini yang memelihara anjing pun tidak ada kasus2 yang sifatnya berbahaya.sekali lagi, harap di cerna dan disaring dulu berita yang kita dapatkan, jangan di telan bulat2 begitu saja...Sebagai contoh, ketika anakan (puppies lahir), naluri indukan memotong plasenta dengan mengigit, kalau memang jika dari hasil penelitian bakteri melalui liur, maka tidak ada anakan yang selamat dari proses ini...salam.

    • Re: Anjing Najis?? - Jurig - 09 September 2009 - 20:34

      Apapun hasil penelitiannya fakta menunjukkan bahwa sampai saat ini penyakit-penyakit menular di dunia ini berasal dari pola hidup manusia itu sendiri. Kalo hasil penelitian itu memang benar pasti dari jaman dahulu anjing sudah dikenal sebagai binatang paling mematikan dong...Hasil penelitian seperti itu harus ditunjang oleh data-data klinis yang lengkap. Faktanya duluan muncul flu burung dan flu babi. Kalau air liur, jangankan anjing, air liur sapi atau kambing pasti ada bakterinya. Jangan paranoid. Banyak orang yg tidak pernah punya anjing terkena penyakit karena bakteri, dan banyak orang yg punya anjing hidup sehat. So?

    • Re: Anjing Najis?? - pencinta anjing - 10 September 2009 - 12:22

      kalo menurut gw, semua hewan tuh membawa bakteri yang dapat merugikan manusia, nah sekarang tergantung orang nya sendiri, bagaimana antibody nya, jadi bukan hanya anjing... kita bicara fakta, teman terbaik manusia sesuai dgn pengakuan dunia adalah anjing, n bukan manusia, krn manusia sendiri mempunyai sifat egois n menang sendiri, beda dgn anjing.. jadi kalo sifat manusia itu kalah ma anjing, kok hanya anjing yang di haramkan, seharusnya manusia dunk... inti nya gini aja sih, kalo kalian suka ma anjing, ya sangat bagus, krn saya suka banget ma anjing n gak pernah sekalipun dikecewakan ma anjing... itu aja kok repot...

Halaman: 1  2     24 Topik Komentar
Sylphid Kennel - Papillon Specialist Queen Bless Selection
 
Purina, fuel the champion within
 
Fourty One Golden Retriever Kennel Joe Hauze
 
Meradog, Fortan, Schweikert Dockermann, a dobermann kennel
 
Von Master Rottweiler Quality Beagle, Beagle Quality
 
Zamosky BJ House Pomeranian
 
Gold Legend Kennel Pink Rose Kennel
 
Java Bulls Adakirik - Pure Breed Alaskan Malamute
 
Rumah Terraria Bavernhof - Schutzhund / IPO & Family Protection Dog
 
Excellent Star Pom Kandang Aluminium untuk peliharaan Anda
 
Golden Heaven Kennel RX Professional Grooming
 
Simply Gallery Majesty's Shihtzu
 
Indonesia Pet Treasure Nebula
 
Maranatha Kennel Happy Pets
 
Klub Rottweiler Indonesia Piet Klinik, Klinik Hewan 24 Jam
 
SukaMulya Bulldog & Shar-Pei Vini Vidi Vici Kennel - V3 Pomeranian
 
Perkin Jawa Timur Promosi di AnjingKita.Com
 

 Komentar Terakhir »
Hindari Pemberian Susu Berlaktosa (Kesehatan Anjing) apa susu morinaga cocok untuk anjing 1 bulan ?
Parvo Virus Pada Anjing (Kesehatan Anjing) virus parvo
Penyakit-Penyakit Pada Anjing (Kesehatan Anjing) punggung hangat
Fourty One Kennel (golden Retriever) (Kennel Anjing Golden retriever) Re: anjing betina baru melahirkan
Tips Merawat (Grooming) Anjing Yang Baik (Perawatan & Pemeliharaan Anjing) Re: perawatan bulu maltese dan pencegahan dari penyakit kulit
10 Hal Boleh Dan Tidak Untuk Anjing (Perawatan & Pemeliharaan Anjing) Bolehkah anjing betina melahirkan dimandiin?
V Gismo vom Casselswald (Anjing Gembala Jerman (AGJ)) Germany
Great Dane Puppies For Sale (Anjing Great Dane) anjing paten
Rottweiller (Anjing Rottweiler) tentang silsilah dan akte lahir anjing
Mengadopsi Anjing (Artikel Anjing Untuk Pemula) Re: alamat penampungan anjing
Mengadopsi Anjing (Artikel Anjing Untuk Pemula) Re: Re: Re: Re: Re: Re: alamat penampungan anjing
Berenang Untuk Anjing (Perawatan & Pemeliharaan Anjing) Mencari pelampung
Tips Kesehatan (Kesehatan Anjing) Re: kenapa anjing saya keluar darah pada anus sebelum dia meninggal
Demodek & Pengobatannya (Kesehatan Anjing) dear derryl
Great Dane Puppies For Sale (Anjing Great Dane) no tlp yang bisa di hubungi
Penyakit-Penyakit Pada Anjing (Kesehatan Anjing) Re: distemper
Wolf's Rain Cosmic (Kennel Anjing Siberian Husky) husky tidak melolong
Breeding, Untuk Pemula (Artikel Anjing Untuk Pemula) anak anjing poodle dipotong ekornya
Anjing Chihuahua (Jenis Anjing Ras) anak anjing poodle dipotong ekornya
Fourty One Kennel (golden Retriever) (Kennel Anjing Golden retriever) anjing betina baru melahirkan
Tolong...Anjingku Tidak Mau Makan!!! (Perawatan & Pemeliharaan Anjing) Konsultasi Seputar anjing
Fourty One Kennel (golden Retriever) (Kennel Anjing Golden retriever) Anjing saya GR klo malam nafasnya ngos2an dan trdengar ngorok sperti berdahak
Mengadopsi Anjing (Artikel Anjing Untuk Pemula) Re: Bingung
Mengadopsi Anjing (Artikel Anjing Untuk Pemula) Re: Re: Re: Re: Re: alamat penampungan anjing

 
Kembali ke atas
 
Membuat Pedigree - Top 10 - Polling - Kritik & Saran - Profil Pengunjung
Purina
 Developed by: DuaCe.Com Ketentuan Layanan 
AnjingKita.Com®
Nusa Loka, Jl. Kalimantan A2/11, BSD City Sektor XIV
Serpong, Tangerang - Banten
E-mail: info@anjingkita.com